Tangerang (ANTARA News) - Beberapa perusahaan dan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam negeri memamerkan produk hasil rancangan yang digunakan oleh produsen otomotif untuk kendaraan yang dipasarkan di Tanah Air.

Salah satu mobil yang banyak menggunakan komponen lokal yang ditampilkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 adalah Daihatsu Ayla.

Komponen yang digunakan antara lain hanger engine, bar assy serta fan belt buatan PT Setia Guna Sejati. Selain itu juga ada clamp dan transmission control cable yang dirancang oleh PT Tosama Abadi.

"Semoga semakin banyak komponen lokal yang digunakan untuk mobil-mobil masa kini, dan diharapkan komponennya itu semakin besar dan penting," kata Riki Wijaya dari bagian produksi PT Sumber Makmur saat ditemui di arena GIIAS, Serpong, Tangerang.

Perusahaan-perusahaan tersebut merupakan hasil binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang telah menjadi mandiri untuk mengembangkan usahanya masing-masing.

Ketua Pengurus YDBA, F.X. Sri Martono, kepada ANTARA News belum lama ini, mengatakan bahwa pihaknya terus membina perusahaan dan pelaku usaha kecil dan menengah yang tersebar dari Sumatera hingga Lombok.

"Kami undang mereka, kami tunjukkan komponen-komponen mobil, kemudian mereka dibebaskan untuk memilih komponen mana yang akan dibuat. Tapi tentu harus dibuktikan terlebih dulu," kata dia.
Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015