Los Angeles (ANTARA News) - Kostum-kostum bintang film cilik Shirley Temple, naskah dan sebuah gaun yang ia kenakan saat menerima Piala Oscar, akan dilelang pada Kamis.

Barang-barang kenangan tersebut sebelumnya disimpan oleh artis yang kemudian menjadi diplomat AS itu selama hampir 80 tahun hingga ia meninggal pada 2014, lapor Reuters.

Temple, salah satu aktris cilik paling populer di Hollywood, memiliki banyak penggemar sebagai bintang muda berambut keriting pada film-film era 1930-an seperti "Bright Eyes", "Heidi", dan "Curly Top".

Artis cilik itu kemudian membina karir sebagai duta besar Shirley Temple Black dan meninggal dalam usia 85 tahun pada 2014.

Keluarganya sekarang menjual barang-barang miliknya.

Barang-barang yang akan dilelang dalam laman Nate D. Sanders termasuk 57 kostum dari film-film seperti "Now and Forever", The Little Colonel", "Dimpies", dan "Poor Little Rich Girl".

"Kostum-kostum ini sangat penting karena mereka merupakan kostum asli yang dipakai dalam film. Shirley Temple menyimpan kostum-kostum asli ini selama hampir 80 tahun," kata pemilik rumah lelang Nate Sanders.

"Koleksi paling penting yang kami ada ... adalah bagian dari 57 gaun itu ... babak mimpi dalam Heidi saat ia melakukan satu tarian dan mengenakan bakiak kayu. Kami punya gaun dan bakiak kayu itu. Itu merupakan salah satu babak paling diingat oleh Shirley."

Tawaran untuk kostum-kostum itu, bersama foto-foto Shirley mengenakannya, diawali pada harga 500 ribu dolar AS.

Skrip film pribadi Temple juga dijual, serta gaun berlipat sutra warna persik yang ia kenakan saat menerima Juvenile Award pada Oscar 1935.

"Saat itu ia merupakan bintang box office nomor satu selama empat tahun berturut-turut," kata Sanders. "Tidak ada bintang yang bersinar lebih terang darinya dengan kesuksesan itu."

(Uu.S022/T008)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015