Bulungan (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, meluncurkan sistem informasi sumber daya alam (Sisda) secara "online" untuk menyediakan data dan informasi bagi pelaku usaha yang ingin berinvestasi.

Bupati Bulungan, Budiman Arifin di Tanjung Selor melalui pernyataan tertulis kepada Antara di Nunukan, Kamis mengatakan, Sisda ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi sekaligus daya tarik tersendiri bagi pelaku ekonomi yang berminat berinvestasi di daerah itu.

Langkah yang dilakukan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah mempromosikan dan mengimplementasikan Kabupaten Bulungan secara umum menuju "smart city", kata dia pada saat pembukaan network operation control Sisda.

Pengendalian jaringan Sisda ini disediakan panel TV layar datar yang menampilkan portal dengan tujuan mempercepat pelayanan melalui sistem "online". Sistem ini dapat pula diakses melalui smartphone, IPad dan Android.

"Sisda ini bisa diakses di komputer, smartphone, IPad dan Android sehingga semakin memudahkan pelaku usaha yang ingin berinvestasi di Kabupaten Bulungan mendapatkan informasi," kata Budiman Arifin.

Ia juga menambahkan, peluncuran Sisda ini telah diatur dalam Inpres Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government. Pemerintah daerah diwajibkan memberikan pelayanan publik secara cepat melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Budiman Arifin mengharapkan sistem yang dikerjasamakan dengan Universitas Borneo Kota Tarakan ini dapat lebih memperkuat citra Pemerintah Kabupaten Bulungan utamanya berkaitan dengan keramahan pejabatnya dalam melayani pelaku usaha.

Pada kesempatan itu pula, Kepala Bappeda Kabupaten Bulungan, Muhammad Isnaini menerangkan, kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari MoU atau nota kesepahaman sebelumnya yang dilakukan Bupati Bulungan dengan beberapa perguruan tinggi termasuk Universitas Borneo.

Pewarta: M Rusman
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015