Amsterdam (ANTARA News) - Arjen Robben akan menggantikan Robin van Persie sebagai kapten Belanda, kata pelatih baru Danny Blind pada Jumat setelah mengumumkan anggota tim untuk pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 melawan Islandia dan Turki bulan depan.

"Saya tidak membuat pilihan berdasarkan basis kualitas sepak bola mereka," kata Blind dalam pernyataan yang dirilis oleh asosiasi sepak bola Belanda KNVB, lapor Reuters.

"Perihal bimbingan dan kepemimpinan mereka terhadap rekan-rekan setimnya, van Persie dan Robben tidak inferior satu sama lain. Mereka memiliki dua kepribadian yang berbeda."

"Dan saat ini saya memerlukan pemimpin untuk menjadi begitu menonjol di lapangan. Saya telah meminta kepada Robin untuk menjadi wakil kapten dan gembira karena ia telah menerima peran itu," kata Blind.

Van Persie telah menjadi kapten selama dua tahun terakhir, termasuk pada Piala Dunia di Brazil tahun lalu, mengambil alih posisi itu pada situasi serupa ketika pelatih sebelumnya Louis van Gaal merasa ia akan menjadi pemimpin yang lebih baik daripada Wesley Sneijder, yang masih masuk timnas Belanda.

"Saya telah melakukan pembicaraan yang bagus dengan pelatih yang ingin memilih kaptennya sendiri. Dan saya selalu berkata Arjen, seperti yang dilakukan pemain-pemain lainnya," kata Van Persie.

Blind mengambil alih tanggung jawab pelatih timnas dari Guus Hiddink, dan akan melakukan debutnya pada Kamis depan melawan Islandia di Amsterdam pada pertandingan kualifikasi Grup A.

Belanda kemudian bertemu Turki di Konya tiga hari kemudian, ketika mereka bertekad naik dari posisi ketiga di klasemen untuk mendapatkan tiket otomatis menuju Piala Eropa tahun depan di Prancis.

Sang pelatih baru telah memangkas timnya dari susunan pendahuluan pekan lalu dari 31 menjadi 23 pemain, termasuk mengikut sertakan dua bek minim pengalaman Jairo Riedewald dan Kenny Tete, dan mengonfirmasi kembalinya pemain Newcastle United Vurnon Anita, yang terakhir kali memperkuat Belanda pada 2010.



Timnas Belanda:

Kiper: Jasper Cillessen (Ajax Amsterdam), Tim Krul (Newcastle United), Jeroen Zoet (PSV Eindhoven)

Bek: Daley Blind (Manchester United), Jeffrey Bruma (PSV Eindhoven), Stefan de Vrij (Lazio), Terence Kongolo (Feyenoord), Bruno Martins Indi (FC Porto), Jairo Riedewald, Kenny Tete (both Ajax Amsterdam), Gregory van der Wiel (Paris St Germain)

Gelandang: Ibrahim Afellay (Stoke City), Vurnon Anita (Newcastle United), Davy Klaassen (Ajax Amsterdam), Wesley Sneijder (Galatasaray), Georginio Wijnaldum (Newcastle United).

Penyerang: Luuk de Jong (PSV Eindhoven), Memphis Depay (Manchester United), Klaas-Jan Huntelaar (Schalke 04), Luciano Narsingh (PSV Eindhoven), Quincy Promes (Spartak Moscow), Arjen Robben (Bayern Munich), Robin van Persie (Fenerbahce).

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015