London (ANTARA News) - Penyanyi Tenor Indonesia, Dani Dumadi (36), mengawali debutnya di Inggris dengan tampil bersama artis Inggris tergabung dalam microsopera menampilkan miniopera berjudul "I Capuleti e i Montecchi" yang mengisahkan Romeo dan Juliet dalam bahasa Italia di gedung bersejarah New Unity Islington selama empat malam berturut-turut dari 28 hingga 31 Agustus.

"Saya sangat excited (senang) bisa tampil bersama seniman Inggris dalam menampilkan mini opera ini, meskipun waktu latihan tidak terlalu intents karena kesibukan menyiapkan Aubade untuk peringatan HUT RI di Wisma Nusantara," ujar Dani Dumadi kepada Antara, Minggu.

Dani tampil bersama rekan-rekannya dalam kelompok Microscopera yang terdiri dari Olivia Doutney, sopranos Inggris-Swiss, yang memerankan Giuletta, sementara Romeo diperankan secara bergantian oleh Alexandra Dinwiddie dan Sophie Conlon. Giulietta, selaim diperankan Olivia Doutney, juga oleh Susanna MacRae.

Dalam opera I Capuleti e i Montecchi, Tebaldo diperankan Dani Dumadi, sedangkan Lorenzo diperankan Peter West dan Capellio dibawakan Benjamin Hewat-Craw, dengan diiringi piano Elliot Launn, lulusan Royal College of Music, ujar Dani.

Kisah Romeo, dan Julia adalah tragedi karya William Shakespeare mengenai sepasang mempelai muda yang saling jatuh cinta, namun terhalang oleh kedua keluarga mereka yang saling bermusuhan.

Romeo, dan Julia adalah salah satu karya Shakespeare yang paling terkenal, dan juga salah satu karya yang paling sering dipentaskan selain Hamlet dan Macbeth.

Romeo dan Julia awalnya adalah roman tragik pada zaman kuno. Cerita Romeo, dan Julia dibuat berdasarkan cerita di Italia, yang diubah menjadi sajak dalam The Tragical History of Romeus and Juliet oleh Arthur Brooke pada 1562, dan diceritakan kembali dalam bentuk prosa pada Palace of Pleasure karya William Painter pada 1582.

Shakespeare meminjam ide keduanya, tetapi lebih mengembangkan karakter pendukung, terutama Mercutio dan Paris, untuk memperluas jalan cerita. Ditulis antara 1591 hingga 1595, Romeo, dan Julia pertama kali dipentaskan pada 1597.

Sebelum bergabung dengan Microscopera, Dani Dumadi ikut dalam produksi musikal Footloose dan terlibat dalam produksi operetta Mikado karya Gilbert and Sullivan bersama Grosvenor Light Opera Company (GLOC) yang berbasis di London.

Selain London, Dani yang melalui audisi terpilih sebagai pemeran utama dalam produksi Mikado, bersama GLOC juga berkompetisi pada Gilbert and Sullivan Festival di kota Harrogate.

"Selain memperoleh banyak pengalaman dengan terlibat pada beberapa karya musikal di Inggris, saya bisa merasakan secara langsung bagaimana dunia performing arts terus berkembang di sini," ujar ayah dua putri hasil perkawinannya dengan diplomat yang bertugas di KBRI London ini.

Dani yang saat ini bermukim di London, sebelumnya bergabung dengan kelompok paduan suara Batavia Madrigal Singers di Jakarta dan mengajar olah vokal serta sempat menimba ilmu vokal dari seorang golden tenor AS, Issachah Savage.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015