Kuala Lumpur (ANTARA News) - Rakyat Malaysia, Senin, merayakan hari kemerdekaan ke-58 dengan penuh suka cita dan membanjiri Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, yang menjadi pusat merayakan Hari Kebangsaan 2015.

Sekitar 13 ribu peserta dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, warga biasa, pengusaha, atlet, anggota keselamatan, tentara dan lainnya berbaur merayakan kemerdekaan negara yang membawa slogan "Sehati Sejiwa".

Di antara kerumunan masyarakat yang memadati Dataran Merdeka terlihat para wisatawan mancanegara pada acara yang disiarkan langsung oleh televisi setempat.

Penonton di lokasi dapat menyaksikan acara secara jelas melalui televisi layar lebar (LED) berukuran panjang 108 meter dan tinggi sembilan meter, layar terbesar pernah digunakan di Malaysia.

Perayaan ini dihadiri Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak dan isteri Datin Seri Rosmah Mansor, Wakil Perdana Menteri Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi dan isteri Datin Seri Hamidah Khamis serta para menteri kabinet dan perwakilan asing di negara ini.

Dalam acara yang dilaporkan Bernama, Senin, sejumlah atraksi ditampilkan, mulai dengan acara Derap Seragam, yaitu persembahan terbaru 900 pegawai dan anggota Angkatan Tentera Malaysia (ATM) disusul persembahan serentak bersama-sama pelajar dengan melakukan barisan berirama.

Penonton khususnya anak-anak dilihat terpukau menyaksikan berbagai maskot dari animasi karya beberapa penerbit antaranya Upin dan Ipin, BoboiBoy serta beberapa kontingen lain.

Arak-arakan kendaraan Polisi Malaysia (PDRM) digunakan untuk mengawal lalu lintas, kendaraan pengiring orang-orang ternama dan patroli, selain beberapa kendaraan lain turut menarik perhatian orang ramai.

Angkatan Tentara Malaysia (ATM) dari tiga angkatan turut mempersembahkan peralatan militer terbaru termasuk kendaraan pembawa senjata jenis G. Wagon yang digunakan pasukan infantri.

Jet-jet tempur milik angkatan udara berderu melintasi ruang udara sekitar Dataran Merdeka dengan melakukan sejumlah formasi di udara.

Atraksi yang memukau penonton ialah formasi penerbangan sembilan pesawat Pilatus PC 7 yang digunakan sebagai pesawat latihan dasar untuk penerbang Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM), pesawat pengangkut TUDM, selain 11 pesawat tempur Sukhoi SU 30 MKM.

Selanjutnya, acara sambutan hari kemerdekaan Malaysia di Dataran Merdeka diakhiri dengan penampilan khas tarian kebudayaan oleh komponen rakyat yang dibawakan lebih 1.000 peserta dari berbagai kaum.

Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015