Sangat penting untuk berkomunikasi secara jelas dan efektif di kisaran masalah, baik itu berkaitan dengan pertumbuhan, pasar keuangan dan sebagainya."
Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat akan menekan sesama negara G20 minggu ini untuk bertindak mendorong pertumbuhan ekonomi dunia, dan mendesak Tiongkok untuk lebih mengomunikasikan kebijakannya, kata seorang pejabat senior Departemen Keuangan, Selasa.

Pejabat itu mengatakan Menteri Keuangan Jacob Lew akan fokus pada langkah-langkah negara-negara dapat berusaha untuk merangsang permintaan ketika para kepala ekonomi Kelompok 20 bertemu pada Kamis dan Jumat di Ankara, Turki, lapor AFP.

"Dia akan menekankan bahwa, pada dasarnya, dunia membutuhkan lebih banyak permintaan," kata pejabat, yang berbicara dengan syarat anonim.

"Kami membutuhkan lebih kuat, mesin handal permintaan global," katanya, sambil menunjuk ke negara-negara yang secara fiskal lebih kuat "dengan ruang" secara ekonomi untuk membantu melalui upaya-upaya stimulus lebih dalam.

"Saya tidak berpikir itu terlambat" untuk melakukan hal ini, kata pejabat itu.

Dia juga mengatakan bahwa Lew akan menekankan kepada rekannya dari Beijing bahwa Tiongkok harus berkomunikasi lebih baik atas kebijakan-kebijakan ekonominya untuk membawa ketenangan ke pasar.

"Kekhawatiran atas momentum ekonomi khususnya di Tiongkok telah membebani komoditas-komoditas dan pasar secara umum," kata pejabat itu.

Selain terus melakukan reformasi penting, kata dia, penting untuk keberhasilan Tiongkok "hati-hati mengomunikasikan niat dan tindakannya ke pasar keuangan."

"Sangat penting untuk berkomunikasi secara jelas dan efektif di kisaran masalah, baik itu berkaitan dengan pertumbuhan, pasar keuangan dan sebagainya."

(Uu.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015