Surabaya (ANTARA News) - Sejumlah pebulu tangkis putra unggulan asal Indonesia lolos ke babak perempat final setelah dalam pertandingan perdelapanfinal melibas lawan-lawannya dalam lanjutan turnamen "Victor Indonesia International Challenge (VIIC)" 2015 di GOR Sudirman Surabaya, Kamis.

Unggulan pertama Firman Abdul Kholik melangkah ke babak berikutnya menyingkirkan Khosit Phetpradab (Thailand) dalam pertandingan tiga game, dengan angka 13-21, 21-12 dan 21-13.

"Syukurlah saya bisa ke perempat final meski harus melaluinya dengan tiga set," ujarnya ketika ditemui usai pertandingan.

Nantinya, pebulu tangkis muda tuan rumah itu ditantang Teck Zhi Soo (Malaysia) yang mengalahkan Lee Hong Je (Korea) dua set langsung, dengan angka 23-21 dan 21-15.

"Saya harus bermain lebih sabar lagi untuk menghadapi Zhi Soo. Semoga mampu mendapat hasil terbaik," ucapnya.

Kemenangan lainnya dipersembahkan pebulu tangkis nasional Sony Dwi Kuncoro yang berhasil ke perempat final setelah menang dua game langsung atas Kean Yew (Singapura) 21-11, 21-14.

Di babak berikutnya, pebulu tangkis kelahiran Surabaya tersebut ditantang Chun Seang Tan (Malaysia).

Selain Kholik dan Sony, Indonesia juga meloloskan dua tunggal putra lainnya ke babak perempatfinal, yakni Krishna Adi Nugraha dan Reksy Aureza Megananda.

Setelah sempat kehilangan set pertama dengan angka 12-21, Adi Nugraha berhasil menaklukkan rekan senegaranya, Dharma Alrie Guna pada dua game berikutnya dengan masing-masing angka 21-15 dan 21-16.

Sedangkan, Reksy yang melawan Kantaphon Wangcharoen (Thailand) mampu menang dua game langsung dengan angka 21-14 dan 21-19.

Kedua pebulu tangkis tuan rumah tersebut harus saling berhadapan di babak perempat final, sementara satu partai lainnya mempertemukan Jeon Hyeok (Korea) melawan Daren Liew (Malaysia).

Sementara itu, pada tunggal putri terjadi kejutan setelah unggulan pertama, Hana Ramadhani kandas di babak perdelapan final usai dikalahkan Na Young Kim (Korea) lewat pertarungan tiga game 21-16, 18-21 dan 21-14.

Young Kim lolos ke perempatfinal akan bertemu Xiayu Liang (Korea), kemudian partai lain mempertemukan Jing Yi Tee (Malaysia) menghadapi pebulu tangkis tuan rumah Rusydina A Riodingin (Indonesia).

Empat pebulu tangkis lainnya yang lolos, tiga di antaranya asal Indonesia yakni Dinar Dyah, Hera Desi dan Gregoria Mariska, serta Jang Mi Lee asal Korea.

Dua atlet Indonesia, yaitu Dinar Dyah dengan Hera Desi sudah harus bertemu dan bermain mati-matian untuk meraih tiket semifinal, serta partai lainnya mempertemukan Gregoria Mariska melawan Jang Mi Lee.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015