Muntok (ANTARA News) - Sejumlah pegiat seni di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menggelar pameran seni rupa yang diharapkan mampu mengajak masyarakat setempat berkesenian.

"Kami berharap momentum ini memberi dampak pada tumbuhnya seni rupa di daerah," ujar Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno, di Muntok, Minggu.

Ia mengatakan, pameran seni rupa yang digelar mulai 5 hingga 12 September 2015 tersebut patut mendapatkan apresiasi karena merupakan pameran seni rupa pertama kali yang digelar di daerah itu.

Menurut dia, keberanian dalam menggelar hasil karya dari para pegiat seni rupa di daerah itu merupakan hal positif sebagai pertanggung jawaban seniman dalam proses berkarya.

"Berkarya seni harus bisa dipertanggung jawabkan ke masyarakat jangan hanya untuk dinikmati sendiri," kata dia.

Ia berharap melalui pemeran tersebut juga mampu meningkatkan kemampuan para seniman dalam berkarya sekaligus mengasah seniman menangkap realita kehidupan sosial di sekitarnya.

"Kami berharap pameran ini bisa membangkitkan seni rupa di Bangka Barat," kata dia.

Pameran seni rupa bertajuk "Diaspora" digelar di kafetaria Museum Timah Indonesia Muntok menampilkan puluhan karya seni lukis, seni grafis dan sketsa hasil kreasi 14 pegiat seni rupa yang tergabung dalam kelompok Rindudendam.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015