Setelah sampai di Batam, mereka istirahat sebentar, pindah pesawat, kemudian pada pukul 10.40 WIB langsung bertolak ke Jeddah
Jambi (ANTARA News) - Jemaah calon haji Provinsi Jambi kloter 16 akhirnya diberangkatkan melalui Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Jambi menuju Bandara Hang Nadim, Batam, pukul 3.00 WIB, Rabu, setelah jarak pandang mencapai di atas 2.000 meter.

"Alhamdulillah, ini mukjizat dari Allah SWT yang luar biasa untuk membantu calon haji kita berangkat dari Bandara Jambi ke Batam dengan maskapai Sriwijaya Air," kata Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi M Tahir di Jambi, Rabu.

Sebanyak 450 calon haji Embarkasi Antara Jambi itu selanjutnya akan diterbangkan ke Jeddah, Arab Saudi melalui Bandara internasional Hang Nadim Batam, Kepri, sekitar pukul 10.40 WIB, Rabu.

Awalnya, diinformasikan bahwa calon haji Jambi itu akan diberangkatkan lewat Bandara Sultan Mahmud Baharuddin II Palembang, setelah menempuh perjalanan darat dari Kota Jambi.

Kondisi itu akan dilakukan jika pesawat pengangkut tidak bisa mendarat di Bandara STS Jambi akibat kabut asap.

Tahir menjelaskan, pihaknya terus berkomunikasi dengan BMKG terkait jarak pandang di bandara STS yang terus bergerak naik. Kemudian pada pukul 20.00 WIB, mengontak perusahaan penerbangan untuk menerbangkan pesawatnya menuju Bandara Jambi

"Kemudian satu maskapai dari Batam dan dua dari Jakarta langsung terbang ke Jambi dan mendarat pada pukul 21.00 WIB," kata M Tahir.

Kloter 16 tersebut merupakan gabungan jemaah asal Kota Jambi dan Kabupaten Sarolangun."Setelah sampai di Batam, mereka istirahat sebentar, pindah pesawat, kemudian pada pukul 10.40 WIB langsung bertolak ke Jeddah," katanya menjelaskan.

Ia berharap jarak pandang terus bisa normal dan pemberangkatan calon haji pada kloter selanjutnya bisa melalui Bandara STS Jambi dengan aman dan lancar.

Sementara itu, Manager operasional otoritas Bandara STS Jambi, Gurit Setiawan, mengatakan para petugas bandara telah disiapkan untuk memperlancar keberangkatan para jemaah calon haji tersebut.

"Maskapai Sriwijaya Air yang akan membawa jemaah calon haji mendarat pada malam hari sekitar pukul 21.00 WIB, tentunya kalau sudah mendarat untuk take off tidak menjadi kendala," kata Gurit.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015