Integritas tinggi dan mungkin dikenal masyarakat
Jakarta (ANTARA News) - Film yang masuk nominasi dan keluar sebagai pemenang Festival Film Indonesia 2015 akan dinilai oleh 100 orang juri yang memiliki kredibilitas di bidangnya.

"Juri ada 85 orang, tahap kedua ada tambahan 15 orang," kata Ketua I Bidang Penjurian Jajang C Noer saat jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Nama-nama yang menjadi juri merupakan mereka yang menggeluti film dan pecinta film, seperti Widyawati, Mathias Muchus, El Manik, Nirina Zubir.

Selain itu, untuk juri tambahan, dipilih sosok yang memiliki pengetahuan di luar film, misalnya tentang budaya seperti Romo Benny Susetyo, Tommy Awuy dan Armand Maulana untuk bidang musik.

"Integritas tinggi dan mungkin dikenal masyarakat," kata Jajang saat menjelaskan kriteria pemilihan sosok yang menjadi juri.

Mengangkat tema teater dan film, FFI juga menghadirkan juri yang memiliki pengalaman di kedua bidang tersebut, seperti Slamet Rahardjo, Niniek L Karim dan Ratna Riantiarno.

Penjurian film dibagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama, lima orang juri dari masing-masing kategori akan menonton film baik secara sendiri maupun terpisah dan memasukkan film pilihan mereka melalui sistem dalam jaringan (online).

Setelah terkumpul masing-masing lima nominasi dari 17 kategori yang ada, 85 juri dengan tambahan 15 orang itu masing-masing akan memilih film, yang meraih suara terbanyak akan keluar sebagai pemenang.

Sistem penjurian online menurut Jajang telah dilakukan selama beberapa waktu belakangan dan dengan sistem tersebut, satu sama lain tidak dapat mengetahui film apa yang dipilih.

Film yang masuk nominasi FFI dibagi menjadi dua kategori, bioskop dan non-bioskop.

Kategori bioskop adalah Peran Utama Pria Terbaik, Peran Utama Wanita Terbaik, Peran Pembantu Pria Terbaik, Peran Pembantu Wanita Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Sinematografer Terbaik, Efek Visual Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Artistik Terbaik dan Penata Busana Terbaik.

Sementara itu, untuk kategori non-bioskop adalah Film Televisi Terbaik, Dokumenter Terbaik, Animasi Terbaik dan Film Pendek Terbaik.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015