Palangka Raya (ANTARA News) - Anggota Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah melaksanakan shalat Istisqo bersama warga di halaman kantor Kepolisian Daerah di Palangka Raya untuk memohon kepada Tuhan agar menurunkan hujan pada Kamis pagi, saat wilayah itu berselimut asap tebal akibat kebakaran hutan-lahan.

Sebagian besar anggota jemaah salat Istisqo mengenakan masker. Aipda H. Sunyalin menjadi imam shalat.

"Di tengah susana kota yang kabutnya semakin tebal ini mari bersama-sama kita memohon turunnya hujan agar kabut asap ini dapat berkurang. Kabut asap yang terjadi merupakan salah satu bukti bahwa manusia telah melanggar hukum Allah," katanya.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Brigjen Pol Fakhrizal mengatakan upaya pencegahan, penanggulangan, dan penindakan sudah dilakukan untuk mengatasi masalah kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Dia juga menegaskan bahwa polisi mengusut dan menindak tegas pelaku pembakaran lahan dan hutan.

"Namun semua berpulang pada Yang Maha Kuasa. Untuk itu pada pagi ini bersama-sama kita memohon supaya di daerah kita diturunkan hujan yang lebat. Kelihatannya hanya itu yang bisa mengatasi kabut asap yang semakin hari semakin tebal," katanya usai shalat.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015