Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Umar Arsal menyatakan, peningkatan status kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap dinaikan menjadi bencana nasional merupakan langkah tepat.




“Bilamana ingin ditingkatkan statusnya menjadi bencana nasional tidak menjadi masalah. Kebakaran hutan harus diatas dengan cepat oleh pemerintah,” kata Umar Arsal dalam rilis yang diterima ANTARA News, Jakarta, Kamis.




Menurut Umar yang saat ini berada di Provinsi Riau, dengan peningkatan status menjadi bencana nasional, maka penanggulangannya akan cepat selesai sehingga dampak dari kebakaran tersebut tidak mengganggu masyarakat seperti ISPA dan mengganggu aktivitas masyarakat.




Ketua Divisi Tanggap Darurat Dan Bencana DPP Partai Demokrat itu  berharap agar pemerintah lebih serius menangani maraknya kebakaran hutan, sehingga tidak berdampak kabut asap. 




“Perlu diatasi dengan cepat, sehingga setiap tahun tidak terjadi kebakaran hutan. Bilamana setiap tahun terjadi kebakaran hutan dampaknya kabut asap akan terjadi,” tegasnya.




Dari kunjungannya tersebut, banyak warga mengeluhkan penyakit ISPA. Disisi lain, kabut asap menganggu aktivitas warga yang ingin berpergian lantaran jarak pandang,. 




“Semenjak kemarin Partai Demokrat mendirikan posko banyak warga yang berdatangan mengeluhkan penyakit ISPA dan terus meningkat yang datang ke posko. Karena itu posko bencana yang kita siapkan yakni dokter khusus, dan juga menyediakan 60 ribu masker. Jadi kami anggap perlu diwaspadai dengan cepat, kalau perlu siaga satu agar kebakaran hutan tidak terjadi lagi,” ujarnya.




Untuk Tim Penanggulan Bencana Partai Demokrat, katanya, sudah menyiapkan masker, dokter dan obat-obatan untuk antispasi penyakit ISPA.





“Kita berharap kehadiran tim DPP Partai Demokrat dapat membantu warga yang menjadi korban akibat kebakaran hutan yang mengakibatkan kabut asap, seperti penyakit asma, jantung dan sebagaikan. Begitu menganggu aktivitas seperti penerbangan dan perjalanan transportasi akibat jarang pandang yang berbahaya," tegas politisi asal Kendari ini.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015