Jakarta (ANTARA News) - Produsen pelumas Castrol memperkenalkan varian baru oli khusus untuk kendaraan yang sering berhenti-jalan atau terjebak dalam kemacetan lalu lintas setiap harinya, yaitu Castrol Magnatec stop-start.

"Produk ini didesain khusus untuk kondisi berhenti dan kembali berjalan dengan molekul pintar yang menempel pada mesin," kata Country Marketing Manager Castrol Indonesia Deananda Sudijono di Jakarta, Sabtu.

Dea mengatakan, oli tersebut membentuk lapisan self-healing sehingga dapat memberikan perlindungan 20 persen lebih baik dalm mencegah keausan mikroskopik.

Lapisan perlindungan self-healing tersebut, lanjut Dea, dapat melindungi mesin karena meskipun molekul terkikis ketika melawan tekanan, molekul lainnya segera mengisi dan mengembalikan lapisan perlindungan ke bentuk semula.

Senior Development Technologist dari Castrol Gareth Bracchi mengatakan, mengemudi berhenti-jalan berarti lebih banyak mempercepat dan menurunkan laju kendaraan serta menambah waktu berhenti dengan mesin menyala.

"Sepertiga dari perjalanan dihabiskan dengan berhenti dengan mesin menyala dan pada saat ini tekanan paling tinggi pada bagian penting mesin," ujar Gareth.

Hal tersebut, lanjutnya, dapat membuat mengemudi berhenti-jalan mengalami keausan mesin mikroskopis pada bagian penting mesin.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015