Paris (ANTARA News) - Fase grup Liga Champions Eropa akan mulai Selasa dan Rabu pekan depan dan para pesertanya akan keciptratan banyak uang karena kiprah mereka pada fase ini.

Berikut gambaran fakta-fakta keuangan untuk kompetisi klub elite Eropa ini seperti dilaporkan AFP:

- Jumlah uang yang disalurkan ke 32 klub yang berkompetisi adalah 1,257 miliar euro. Dari jumlah itu, 774,4 juta euro diberikan kepada klub-klub berdasarkan kinerjanya dan sisanya 482,9 juta euro disalurkan kepada klub berdasarkan asalanya dan nilai pasar televisi negara mana klub itu berasal.

- Klub-klub yang masuk fase grup lewat playoff sudah pasti mendapatkan dua juta euro.

- Hadiah uang pokok karena berada di fase grup adalah 12 juta euro, sedangkan tambahan 1,5 juta euro diberikan kepada yang menang dan 500.000 euro kepada yang seri. Musim lalu, pokok hadiah kepada klub-klub yang tampil pada fase grup adalah 6,8 juta euro.

- Juara Liga Champions akan menerima uang lagi sebesar 33,5 juta euro, sedangkan runner-up mendapatkan 29 juta euro.

- Artinya, total uang yang dihasilkan juara turnamen ini adalah maksimal 54,5 juta euro, atau naik dari tahun lalu yang maksimal 37,4 juta euro.

- Begitu saham klub juara dalam alokasi pasar televisinya dimasukkan, maka total uang yang diterima klub juara akan mencapai 58 juta euro seperti diterima Barcelona saat mengangkat trofi kejuaraan ini musim lalu.

- Sebaliknya, jumlah hadiah uang yang diberikan kepada klub-klub yang masuk fase grup Liga Europa total mencapai 381 juta euro per musim, naik dari 233 juta euro semusim sebelumnya. Klub yang menjadi juara Liga Europa akan mendapatkan 15,31 juta euro.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015