Tidak ada korban jiwa, akibat peristiwa ini, sempat terjadi kemacetan di ruas Tol Purbaleunyi arah Jakarta,"
Bandung (ANTARA News) - Bus Pariwisata Berdikari terbakar di jalur Tol Purbaleunyi KM-110 tepatnya diatas Jembatan Cirangrang, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu sore, menyebabkan arus kendaraan dalam tol dari Bandung menuju Jakarta macet.

Kepala Kepolisian Resor Cimahi AKBP Dedy Kusuma Bakti mengatakan, peristiwa kebakaran bus bermuatan penumpang itu tidak menimbulkan korban jiwa, hanya sempat menyebabkan kemacetan dari KM-110 sampai 117 dalam ruas Tol Purbaleunyi.

"Tidak ada korban jiwa, akibat peristiwa ini, sempat terjadi kemacetan di ruas Tol Purbaleunyi arah Jakarta," kata Dedy.

Ia menuturkan, kebakaran bus nomor polisi B 7838 WB berawal dari diketahuinya ban depan sebelah kiri pecah kemudian sopir mengecek dan terlihat ada api.

Sopir selanjutnya menyuruh seluruh penumpang untuk turun dan menjauh dari badan bus, tidak lama kemudian bus terbakar.

"Saat kejadian, angin di sekitar lokasi cukup kencang, sehingga api menjadi semakin besar dan membakar habis bus tersebut," katanya.

Kepolisian bersama petugas Tol mengamankan lokasi kejadian, kemudian mengalihkan sebagian kendaraan lewat Cikamuning untuk mengurangi kepadatan.

Petugas sudah mengevakuasi bus dan 53 penumpang ke tempat yang lebih aman yaitu luar pagar tol selanjutnya diangkut menggunakan bus lain tujuan Karawang.

Hingga malam, kata Kapolres, arus kendaraan sudah mulai normal, dan terpantau padat menuju arah Jakarta.

"Saat ini, arus telah normal kembali, namun masih cukup padat, untuk penumpang sudah diangkut untuk melanjutkan tujuannya pulang ke arah Karawang sekitar pukul 17.00 WIB," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015