Pekanbaru (ANTARA News) - Bupati Siak, Syamsuar, menyatakan lomba foto dan pameran ekonomi kreatif dalam rangkaian lomba balap sepeda "Tour de Siak" (TdS) terpaksa ditunda akibat kondisi kabut asap kebakaran lahan dan hutan yang pekat.

"Mempertimbangkan kondisi yang ada, lomba foto dan pameran ini kita tunda dulu," kata Bupati Siak Syamsuar, di Siak, Senin.

Sesuai jadwal, lomba foto dan pameran ekonomi kreatif seharusnya dibuka pada Senin pagi (14/9). Kegiatan ini merupakan rangkaian lomba TdS yang akan berlangsung upacara pembukaannya sehari setelahnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, saat ini jajaran Pemkab Siak bersama Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) akan melakukan rapat menindaklanjuti perkembangan kondisi asap di Provinsi Riau.

Kelanjutan persiapan TdS akan sangat bergantung pada rapat yang kini digelar oleh Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru membahas status darurat asap.

"Bapak Gubernur saat ini membahas rencana penetapan status tanggap darurat pencemaran udara bersama Forkompinda, jadi kita menunggu keputusannya," kata Syamsuar.

Berdasarkan hasil keputusan di tingkat Provinsi Riau nantinya, nasib TdS 2015 akan ditentukan atas hasil rapat bersama Pemkab Siak selaku panitia lokal bersama PB ISSI yang bertanggungjawab sebagai komite teknis.

"Keputusan pelaksanaan TdS 2015 akan dibahas bersama komite teknis pertandingan nantinya. Pemkab tidak bisa memutuskan sendiri, karena hal ini juga melibatkan PB ISSI," katanya.

Hingga kini kabut asap pekat terus menyelimuti sebagian besar wilayah Riau. Kondisi polusi asap dalam level berbahaya.

Pemerintah meminta masyarakat untuk tidak beraktivitas di luar ruangan dalam kondisi asap pekat.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015