Jakarta (ANTARA News) - Jeffrey Polnaja (53), pria asal bandung, Jawa Barat, siap menyelesaikan misinya menjelajah dunia seorang diri dengan mengendarai sepeda motor, menyusul perjalanannya yang sudah menginjak kembali di Tanah Air.

Jeffrey yang akrab disapa Kang JJ itu memulai perjalanannya bertajuk "Ride for Peace (RFP) II" pada 2012 dan sudah menyinggahi 97 negara mulai dari Eropa, Amerika, hingga Timor Leste, dan sekarang telah kembali ke Indonesia dengan singgah di Bali, menurut tim Ride for Peace dalam siaran pers yang diterima ANTARA News di Jakarta, Rabu.

Jeffrey mulai memasuki Bali dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, usai menuntaskan perjalanan di Timor-Leste, negara terakhir misi Ride for Peace (RFP) kedua, pada Senin (14/9).

Rencananya,  Jeffrey yang masih menunggang motor besar BMW R 1150 GS bernomor polisi B 5010 JP, akan melakukan serangkaian kegiatan selama dua hari lawatannya di Pulau Dewata.

Kang JJ tiba di Bali usai berkeliling di kepulauan Indonesia bagian timur, mulai dari Nusa Tenggara Timur hingga Nusa Tenggara Barat, termasuk naik gunung Kelimutu di Pulau Flores.

"Selepas perbatasan Timor-Leste, sebenarnya saya sudah merasa misi Ride for Peace kedua ini tuntas. Nusa Tenggara Barat adalah bagian dari Tanah Air saya. Kerinduan saya pada keindahan negeri tercinta akhirnya tercapai," kata Kang JJ yang meninggalkan Indonesia sejak 25 Mei 2012 untuk memulai penjelajahan dari Belgia.

Kedatangan Jeffrey di Bali disambut ratusan bikers dari berbagai komunitas, yang kemudian mengawal perjalanan Jeffrey hingga pusat kegiatan acara “Road to Finish 420.000km Jeffrey Polnaja” di kawasan Sunset Road, Nusapenida, pada Selasa (15/9).

Berawal dari Bali, Jeffrey akan melakukan perjalanan menuju Jakarta. Selama perjalanan sejauh sekitar 1.500 km tersebut Kang JJ akan ditemani tujuh pengendara sepeda motor kelas adventure, termasuk puteranya Reindraprasta Polnaja di atas Triumph Tiger.

Dijadwalkan Jeffrey akan singgah di Kota Batu, Malang pada Rabu (16/9) malam, untuk menemui sekelompok komunitas sepeda motor yang telah menyiapkan acara untuk RFP.

Di kota ini pula Jeffrey akan menjumpai putra keduanya, Rangga Erlangga Polnaja, yang telah menyiapkan acara untuk RFP di Monkey Garage. Dari kota di Jawa Timur tersebut Jeffrey dan rombongan akan langsung menuju Jakarta setelah singgah satu malam di sebuah kota di Jawa Tengah.

Pada Sabtu, 19 September 2015, seluruh rombongan RFP diagendakan mencapai Jakarta dan melakukan serangkaian kegiatan bersama ratusan pecinta sepeda motor dari berbagai lapisan.

Kegiatan puncak "Road to Finish 420.000km Jeffrey Polnaja" sendiri bakal dihelat di kantor Pengurus Pusat IMI (PP IMI) di kawasan Gelora Bung Karno mulai pagi hari dan diisi dengan konvoi keliling Jakarta. Ketua Umum PP IMI Nanan Soekarna dilaporkan bakal bergabung bersama dalam pawai RFP itu.
Pewarta: Suryanto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015