Tokyo (ANTARA News) - Pemain pengganti Koki Yonekura mencetak gol penentu kemenangan menjelang akhir pertandingan, saat klub Jepang Gamba Osaka menjungkalkan klub Korea Selatan Jeonbuk Motors 3-2, untuk mencapai semifinal Liga Champions Asia di Tokyo, Rabu.

Gamba, juara Asia 2008, akan menghadapi klub Tiongkok Guangzhou Evergrande pada babak empat besar setelah tim asuhan Luiz Felipe Scolari itu menyingkirkan klub Liga Jepang Kashiwa Reysol sehari sebelumnya.

Jeonbuk sebelumnya terlihat seperti akan melaju dengan keunggulan gol tandang menyusul hasil imbang tanpa gol pada laga pertama di Korea, saat sundulan pemain asal Spanyol Urko Vera dua menit sebelum waktu normal berakhir membuat para pendukung tim tamu kegirangan, sementara pada pemain Gamba tertunduk lesu.

Tapi klub Jepang yang tahun lalu merebut tiga gelar, yang tidak diperkuat penyerang Jepang Takashi Usami karena diskors, membalas dalam keadaan yang dramatis, dengan tembakan kaki kiri Yonekura menjebol gawang saat empat menit di waktu "injury time" pertandingan di Stadion Expo itu.

Jeonbuk, yang memenangi kompetisi klub-klub utama Asia itu pada 2006, sebelumnya memulai pertandingan dengan cemerlang dan unggul melalui penalti Leonardo pada menit 13.

Keunggulan mereka tidak berumur panjang setelah penyerang asal Brazil Patric menjebol gawang dari jarak dekat beberapa saat kemudian, sebelum Shu Kurata menjebol gawang dari tepi kotak penalti pada pertengahan babak kedua.

Gol telat dari Vera membuat tegang pada pemain Gamba sebelum Yonekura berbalik menghancurkan hati para pemain Korea dan mengamankan kemenangan bagi tim tuan rumah.

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015