Palu (ANTARA News) - Para tamu Sail Tomini dari berbagai daerah, terutama dari Jakarta mulai berdatangan di Palu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah.

"Beberapa hari ini, kami sibuk menjemput dan mengantar tamu-tamu yang kebanyakan adalah pejabat eksekutif dan legislatif yang datang ke Palu untuk menghadiri puncak acara Sail Tomini," kata Kepala Pelaksana Harian (Plh), Kepala Bidang Transportasi Darat Dinas Perhubungan Provinsi Sulteng, Lucky Lubis di Palu, Jumat.

Ia mengatakan Pemprov Sulteng menyiapkan sejumlah armada khusus untuk menjemput dan mengantarkan para tamu menuju lokasi Sail Tomini di Pantai Kayubura Desa Pelawa, Kabupaten Parigi Moutong.

Puncak acara Sail Tomini besok (Sabtu, 19/9), rencananya dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri sekitar 10.000 pengunjung, termasuk para duta besar sejumlah negara, menteri kabinet kerja, pejabat tinggi TNI/Polri dan masyarakat dari luar wilayah Sulteng.

Lucky mengatakan untuk kelancaran transportasi khusus para tamu yang akan ke lokasi Sail Tomini, Dinas Perhubungan Sulteng mendapat bantuan pinjaman sebanyak 25 unit bus dari Kementerian Perhubungan. Sebanyak 15 diantaranya standby di Palu dan 10 unit lainnya di lokasi Sail Tomini.

Bus pinjaman dari Kemenhub tersebut sudah tiba di Palu dan lokasi Sail Tomini sejak Minggu (13/9) 2015.

Pewarta: Anas Masa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015