Semua sudah tiba di Palu, dan di antara seluruh sail di Indonesia baru Sail Tomini paling banyak dihadiri menteri dan pejabat negara lainnya serta duta besar dari negara sahabat,"
Palu (ANTARA News) - Puncak pelaksanaan Sail Tomini yang akan berlangsung di Pantai Kayubura, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, 19 September 2015 akan dihadiri tiga Menteri Koordinator dan 12 menteri Kabinet Indonesia.

Sebagian menteri tersebut telah tiba di Palu sejak Jumat pagi. Sebagian lagi tiba bersama rombongan Presiden Joko Widodo, Jumat malam.

"Semua sudah tiba di Palu, dan di antara seluruh sail di Indonesia baru Sail Tomini paling banyak dihadiri menteri dan pejabat negara lainnya serta duta besar dari negara sahabat," kata Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola setelah menjemput Presiden Joko Widodo bersama rombongan, di Palu, Jumat malam.

Presiden mendarat di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu menggunakan pesawat kepresidenan sekitar pukul 21.00 WITA disambut Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Gubernur Sulawesi Tengah dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Sekitar 30 menit kemudian, Presiden Joko Widodo bersama rombongan menuju Hotel Mercure tempat menginap presiden. Di depan pintu hotel Jokowi disambut Wali Kota Palu Andi Mulhanan Tombolotutu, selanjutnya di dalam hotel disambut Wakil Gubernur Sudarto.

Bersama Presiden tampak Ketua DPD Irman Gusman, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumulo.

Longki Djanggola mengatakan tiga Menko yang hadir pada Sail Tomini yakni Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli.

Menteri lainnya yakni Menteri Riset dan Teknologi Mohammad Nasir, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Presiden dan Menteri serta Duta Besar dan diplomat dari negara-negara sahabat akan bertolak ke lokasi Sail Tomini di Pantai Kayubura, Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu pagi.

"Acaranya selesai sore dan Pak Presiden bersama rombongan langsung kembali ke Jakarta," kata Longki.

Pewarta: Adha Nadjemuddin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015