Jakarta (ANTARA News) - Pasangan selebriti Titi Kamal dan Christian Sugiono sama-sama hobi traveling atau jalan-jalan bersama sang buah hati Juna yang kini berusia dua tahun.

Agar lebih dekat saat liburan, Titi dan Christian memilih liburan bertiga tanpa pengasuh.

Memang agak merepotkan, tetapi Titi memiliki tips untuk menyiasatinya.

"Pertama, pilih tempat-tempat atau negara yang ramah anak. Kalau aku dan Christian sih pertama kali mengajak Juna jalan-jalan ke luar negeri yang pertama ke Singapura karena Singapura itu negara yang ramah anak dengan berbagai fasilitas dan orang-orang yang sangat membantu," kata Titi di Jakarta, Selasa.

Christian menimpali bahwa menentukan point of interest saat awal merencanakan liburan adalah sangat penting.

"Kita harus cari tahu apakah lokasi yang kita kunjungi itu child friendly atau enggak. Apakah nanti anaknya bisa menikmati atau engak seperti kalau ke tempat-tempat yang ada musiknya ya jangan keras-keras," kata Christian.

Christian melanjutkan, saat liburan bersama buah hati, hotel atau tempat menginap harus dipastikan dekat dengan tempat makan atau toko penyedia keperluan anak.

"Jangan sampai nanti kalau tengah malam kita kehabisan popok bingung mau beli di mana, usahakan toko itu ada di walking distance sama penginapan kita," kata Christian.

Agar liburan lebih menyenangkan saat membawa balita, Christian menyarankan untuk memilih peralatan bayi yang ringkas.

"Contohnya, bawa stroller yang bahannya ringan. Pilih stroller yang bahannya bisa sekali cetek bisa terlipat," kata Christian.

Titi mengatakan, Juna sangat senang saat diajak mengunjungi river safari, bird park, dan aquarium.

"Anakku memang lagi seneng melihat binatang. Pernah waktu itu di Singapura menginap di sebuah hotel yang sleeping with the fish, dia enggak tidur-tidur saking senangnya melihat ikan."

Tips terakhir Titi yang sibuk menjelang syuting AADC 2 itu adalah mengawali aktivitas saat liburan bersama buah hati sejak pagi.

"Jadi jam tujuh malam itu semua aktivitas sudah selesai, karena kan anaknya siapa tahu lelah," kata Titi.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015