Bukittinggi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat memusatkan kegiatan shalat Idul Adha di Lapangan Wirabraja atau Lapangan Kantin pada Kamis (24/9).

"Kami memusatkan kegiatan shalat Id tahun ini di lapangan Wirabraja sebagaimana tahun-tahun biasanya berdasarkan hasil rapat dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) tadi siang," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Bukittinggi Abdul Gafar di Bukittinggi, Rabu.

Ia mengatakan persiapan shalat Id di lokasi tersebut sudah 95 persen dan PHBI telah memasang tali-tali pembatas saf.

Selain itu, untuk persiapan lanjutan pemasangan plastik dan tikar alas shalat akan dilakukan pada malam takbiran, Rabu malam dan dilanjutkan Kamis pagi sebelum shalat.

"Untuk shalat Id besok, telah dijadwalkan untuk mulai sejak pukul 07.00 WIB," kata dia.

Namun seandainya cuaca tidak memungkinkan atau turun hujan di Bukittinggi, maka pelaksanaan shalat Idul Adha akan dialihkan ke Masjid Al-Hanif Kodim yang berlokasi sekitar Lapangan Wirabraja tersebut.

"Jika memang turun hujan pelaksanaan shalat id juga akan dialihkan ke berbagai masjid yang tersebar di kota ini, masyarakat dapat memilih dimana mereka ingin menunaikan shalat," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan yang akan menjadi khatib shalat Idul Adha adalah mantan Kepala Kementerian Agama Sumbar Sahrul Wirda dan untuk imam yaitu Beni Firdaus.

Sementara untuk penyembelihan hewan kurban sesuai shalat akan diserahkan kepada masyarakat masing-masing dengan memanfaatkan masjid-masjid di lingkungan setempat.

"Tidak ada pelaksanaan kurban tahun ini yang langsung dikoordinasi oleh pemkot setempat melainkan langsung dilaksanakan di berbagai masjid di kota ini," ujar dia.

Pewarta: Eko Fajri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015