Jakarta (ANTARA News) - Alberthiene Endah menulis biografi pendiri Bundamedik Healthcare System dr. Rizal Sini dalam "Love & Devotion" di RS Bunda Jakarta, Rabu (23/9).

Penulis yang akrab dipanggil AE itu menyatakan kekagumannya terhadap daya ingat Rizal yang telah berusia senja.

"Tidak ada kendala, dr. Rizal sudah di atas 80 tahun tapi punya daya ingat yang sangat jernih," tutur AE.

Bahkan, pendiri RS Bunda itu bisa menceritakan kenangan di usia belia.

AE yang telah banyak menulis biografi dari berbagai kalangan, termasuk wiraswasta, merasakan hal berbeda dari pendiri Jaringan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda.

"Pengalaman wawancara enterpreneur, ngomonginnya aset, sedangkan dr. Rizal mulai dengan drama kehidupannya yang sangat mendetil, daya ingat yang sangat romantic," papar perempuan yang pernah menulis biografi Ani Bambang Yudhoyono, Merry Riana, Titiek Puspa dan Krisdayanti.

Sementara itu, Rizal Sini mengemukakan salah satu kendala saat membuat biografi bersama Alberthiene.

"Terlalu banyak yang ingin saya ceritakan pada Alberthiene," selorohnya.

Dalam "Love & Devotion", AE menuliskah pengalaman hidup Rizal yang telah melewati berbagai periode, mulai dari pendudukan Belanda, pendudukan Jepang, gejolak revolusi hingga kemerdekaan.

Masa kecil Rizal di Padang hingga merantau ke Jakarta untuk menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan menjadikannya sebagai seorang ginekolog, juga perjuangannya mendirikan rumah sakit bersalin dituangkan dalam buku setebal 532 halaman.

Melalui pengalaman hidupnya, Rizal menjawab pertanyaan tajam tentang "apakah etis bagi dokter untuk berbisnis?". 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015