Kami kembali mengambil kebijakan untuk meliburkan para peserta didik dari tinggkat taman kanak-kanak sampai sekolah lanjut tingkat atas...
Palangka Raya (ANTARA News) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palangka Raya, Kalimanan Tengah, Norma Hikmah mengatakan meliburkan kembali para peserta didik dari tingkat TK sampai SLTA akibat kabut asap yang hingga kini masih terjadi berkepanjangan.

"Kami kembali mengambil kebijakan untuk meliburkan para peserta didik dari tinggkat taman kanak-kanak sampai sekolah lanjut tingkat atas atau sederajat yang dilaksanakan dari Jumat 25 September - 2 Oktober 2015 akibat kabut asap masih terjadi berkepanjangan," kata Norma saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Jumat.

Ia menambahkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait dan Wakil Wali Kota Palangka Raya tentang penambahan atau perpanjangan libur sekolah bagi peserta didik selama sepekan.

"Artinya siswa kembali masuk sekolah pada Sabtu, 3 Oktober. Namun tidak menutup kemungkinan apabila hujan terjadi dan mampu mengurangi kabut asap, maka kita akan menginformasikan kepada seluruh pihak sekolah agar menghubungi para peserta didik untuk bisa masuk sekolah seperti biasa tanpa harus menunggu tanggal libur yang sudah ditentukan," kata mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Palangka Raya itu.

Keputusan ini hanya berlaku hingga pekan depan. Kebijakan selanjutnya, kata dia, akan disesuaikan dengan kondisi udara yang ada di "Kota Cantik" Palangka Raya.

Ia melanjutkan, keputusan ini diambil guna mengantisipasi dampak buruk kabut asap terhadap peserta didik khususnya di Kota Palangka Raya.

Sebelumnya, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palangka Raya sudah meliburkan sekolah pada 10 September - 16 September 2015. Setelah itu dilanjutkan libur kembali pada 17 September - 23 September 2015. Dan sejak hari ini pihak Disdikpora memperpanjang libur sekolah hingga tanggal 2 Oktober 2015. Semuanya ini akibat dampak kabut asap yang masih terjadi dan dikategorikan tidak sehat.

Norma Hikmah mengaku sudah memberikan pesan kepada seluruh pihak sekolah yang ada di daerah itu untuk tetap memberikan tugas pekerjaan rumah selama libur sekolah akibat kabut asap yang masih berkepanjangan.

"Kita sudah menyampaikan kepada seluruh pihak kepala sekolah yang ada di daerah itu untuk tetap memberikan tugas pekerjaan rumah kepada seluruh peserta didik selama libur akibat asap dan tugas tersebut nantinya akan dikumpulkan sebagai bahan evaluasi kami dan guru-guru yang ada di setiap sekolah," ucapnya.

Pewarta: Rendrik Andika
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015