Militer Nigeria klaim 200 anggota Boko Haram serahkan diri

Lagos (ANTARA News) - Militer Nigeria mengatakan lebih dari 200 anggota Boko Haram telah menyerahkan diri, Jumat, ketika pasukan merebut kembali kendali di kota timurlaut Banki, tempat serangan-serangan ke arah Kamerun dilancarkan.

"Lebih dari 200 anggota organisasi teroris Boko Haram telah menyerahan diri (Jumat) kepada pasukan Nigeria di kota Banki," kata juru bicara tentara, Sani Usman, dalam sebuah pernyataan, lapor AFP.

Tidak ada verifikasi independen yang dapat diperoleh menyangkut pernyataan militer. Pernyataan tersebut merupakan yang terbaru dikeluarkan dalam serangkaian keberhasilan yang dinyatakan tentara terhadap para Islamis, termasuk penghancuran kamp-kamp Boko Haram.

Usman mengatakan Banki, yang berada di negara bagian Borno, sudah kembali dikendalikan pada Kamis.

Militer sebelumnya mengklaim bahwa pihaknya telah menahan 43 tersangka Boko Haram dan membebaskan 241 wanita dan anak-anak yang dianggap ditawan oleh kelompok itu di sana.

Boko Haram sebelumnya menggunakan Banki untuk melancaran serangan-serangan antarperbatasan, termasuk di dan sekitar kota di Kamerun, Amchide.

Amchide merupakan tempat para Islamis terlibat pertempuran dengan pasukan keamanan dan serangan-serangan bunuh diri, yang gagal dilakukan pada Selasa.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari telah memberikan waktu bagi para komandan militer hingga November untuk mengakhiri pemberontakan, yang, sejak 2009, telah menewaskan setidaknya 17.000 orang dan membuat lebih dari dua juta lainnya lainnya kehilangan tempat tinggal.
(Uu.T008)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Tani, bocah pengungsi Nigeria juara catur

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar