Jakarta (ANTARA News) - Inisiasi Digital India dari pemerintahan India mendapat dukungan besar dari Microsoft. Perusahaan software itu berencana membawa teknologi broadband murah untuk 500.000 desa di negara tersebut.

"Kami percaya bahwa konektivitas broadband murah ditambah dengan skala intelegensi komputasi cloud yang dapat dimanfaatkan dari data dapat mendorong kreativitas, efisiensi dan produktivitas di pemerintahan maupun industri bisnis di berbagai bidang," kata CEO Microsoft Satya Nadella, seperti dilansir GSM Arena.

Kerjasama tersebut dapat menjadi saksi perubahan bagi India di mana sekitar 70 persen dari penduduk India tinggal di lebih dari 600.000 desa.

Nadella juga mengatakan bahwa perusahaan yang berbasis di Redmond, Washington itu akan mengumumkan ketersediaan layanan cloud-nya untuk beroperasi di pusat data Indonesia.

"Bagian terpenting dari Make in India dan Digital India adalah membawa infrastruktur kelas dunia ke India, dan menghormati keamanan, kedaulatan dan privasi digital India merupakan hal terpenting bagi kami," tambah dia.

Pengumuman dari Microsoft tersebut datang setelah Google mengumumkan rencananya untuk memberikan WiFi publik berkecepatan Tinggi di 400 stasiun kereta api di seluruh India.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015