Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas membahas Paket Kebijakan Ekonomi III sebagai kelanjutan dari paket sebelumnya.

"Di rapat terbatas ini akan kita tindak lanjuti untuk paket ekonomi yang ketiga yang pada awal minggu depan saya harapkan sudah dapat dikeluarkan lagi," kata Presiden Jokowi di Kantor Presiden Jakarta, Kamis.

Tampak hadir dalam rapat terbatas itu antara lain Seskab Pramono Anung, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menperin Saleh Husin, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursidan Baldan, Menkeu Bambang Brodjonegoro.

Menurut Presiden, dalam Paket Kebijakan Ekonomi III untuk jangka pendek, perlu dilihat apakah memungkinkan untuk menurunkan bunga bank dengan langkah efisiensi di bank.

" Tolong itu dihitung," kata Presiden.

Sementara terkait peningkatan daya beli masyarakat, Presiden meminta agar proyek padat karya digencarkan. Ia mencontohkan di Kementerian PU ada dana untuk proyek irigasi, demikian juga di Kementan.

Menurut Presiden, proyek padat karya dapat digencarkan dengan dana desa sehingga ia meminta Mendagri fokus mendorong penggunaan dana desa untuk proyek padat karya.

Ia menyebutkan proyek irigasi di Karawang sudah betul namun belum melibatkan banyak orang.

Presiden juga menyebutkan perlunya restrukturisasi UKM.

"Dalam Jangka pendek masih kita perlukan untuk bisa menangkap secara positif bahwa ada upaya pemerintah yang konkret," katanya.

Presiden juga meminta agar harga BBM dihitung lagi agar dapat diturunkan lagi.

"Pertamina agar menghitung lagi, apakah premium masih mungkin diturunkan lagi meskipun sedikit," katanya.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015