Menkeu Vietnam hadiri perayaan HUT RI ke-70

Menkeu Vietnam hadiri perayaan HUT RI ke-70

Dubes RI Hanoi Mayerfas (kanan) toast dengan Menteri Keuangan Vietnam, H.E. Mr. Dinh Tien Dung. (KBRI Hanoi)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Vietnam Dinh Tien Dung menghadiri resepsi diplomatik yang diadakan KBRI Hanoi akhir bulan lalu untuk memperingati HUT ke-70 RI dan 60 tahun hubungan RI-Vietnam.

Siaran pers KBRI Hanoi yang diterima Antara pada Jumat menyebutkan, hampir 500 orang yang terdiri atas pejabat perwakilan asing di Hanoi, pejabat Vietnam dari berbagai kementerian, lembaga, kalangan pengusaha, jurnalis dan "friends of Indonesia" di Vietnam serta masyarakat Indonesia di Hanoi dan sekitarnya menghadiri resepsi tersebut.

Ruangan tempat resepsi di sebuah hotel ternama terasa bernuansa Indonesia, dengan hiasan ornamen produk Indonesia dan kain batik, serta hidangan khas Indonesia dengan menu "buffet" dan jajanan pasar.

Kehadiran Menteri Dung, sebagai tamu kehormatan dalam resepsi diplomatik tersebut mencerminkan bahwa Indonesia merupakan mitra penting bagi Vietnam.

Dalam sambutannya pada resepsi diplomatik, Dubes RI Mayerfas menyampaikan perjalanan panjang selama 70 tahun yang telah dilalui Indonesia setelah diproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, dengan berbagai pencapaian signifikan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia.

Dubes RI menyampaikan capaian Indonesia tersebut dengan diakuinya Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ke-3 di dunia, merupakan model dari masyarakat yang toleran dan terbuka. Selain itu Indonesia juga merupakan anggota G-20 dan telah masuk dalam "one trillion dollar club".

Terkait hubungan bilateral RI-Vietnam, tahun 2015 merupakan tahun yang bersejarah bagi kedua bangsa menandai 60 tahun hubungan diplomatik RI-Vietnam.

"Kemitraan strategis yang telah terbentuk antara Indonesia dan Vietnam tidak hanya menunjukkan hubungan yang semakin matang antara kedua negara, namun juga telah menandai babak baru dalam hubungan kedua negara," kata dia.

Keeratan hubungan kedua negara telah terjalin sejak dari perjuangan melawan kolonialisme, hubungan persahabatan Presiden Sukarno dan Presiden Ho Chi Minh, yang berlanjut oleh pemimpin kedua negara sampai masa kini.

Selanjutnya Menteri Keuangan Vietnam menyampaikan ucapan selamat atas hari ulang tahun ke-70 Republik Indonesia dan 60 tahun hubungan diplomatik Vietnam - Indonesia.

"Vietnam dan Indonesia telah menikmati ikatan yang kuat dan sikap saling percaya. Indonesia dan Vietnam berbagi banyak kesamaan dan kepentingan bersama di kawasan," tutur Dung.

Indonesia merupakan salah satu investor ASEAN terkemuka di Vietnam dengan 41 proyek senilai lebih dari 382 juta dolar AS.

Peluncuran buku

Dalam kesempatan resepsi tersebut juga telah dilakukan peluncuran secara resmi buku Indonesia-Vietnam: Kemitraan Strategis, melalui penyerahan secara simbolis buku tersebut dari Dubes RI Mayerfas kepada kepada Menteri Keuangan Vietnam Dinh Tien Dung.

Buku ini diluncurkan sebagain bagian dari perayaan 60 tahun hubungan RI-Vietnam, hasil kolaborasi dari KBRI Hanoi dan "The World and Vietnam Report" dari Kementerian Luar Negeri Vietnam.

Buku ini dibuat dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Vietnam serta memuat hasil tulisan menteri luar negeri kedua negara, berbagai pejabat tinggi Kementerian di Indonesia dan Vietnam, pengusaha dan kalangan bisnis, wakil dari pemerintah daerah, wakil dari sektor pendidikan serta tokoh masyarakat.


Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Indonesia perlu belajar kebijakan energi terbarukan dari Vietnam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar