Jayapura (ANTARA News) - Anggota MPR RI Roberth Rouw mengatakan jiwa nasionalisme harus dijaga melalui empat pilar kabangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika untuk itu perlu disosialisasikan.

"Dewasa ini banyak masalah kebangsaan yang bermunculan karena masyarakat meninggalkan nilai-nilai luhur Pancasila, empat pilar adalah jalan menjaga nasionalisme," kata Roberth Rouw kepada Antara di Jayapura, Sabtu.

Menurut dia, hal itu telah disampaikan saat menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi empat pilar di Kabupaten Biak Numfor pada Minggu (27/9) ditengah masyarakat yang ada di daerah itu.

"Bangsa Indonesia semakin hari semakin jauh dari jati dirinya. Padahal sebelumnya, bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang penuh dengan nilai-nilai kesopanan, penuh kasih sayang dan memiliki jalinan persaudaraan satu dengan lainnya yang sangat erat. Namun, kini nilai-nilai tersebut telah memudar," katanya.

Kebebasan berpendapat, kata dia, memang menandai lahirnya era reformasi tapi seringkali kebebasan tersebut dimaknai bebas tanpa batas.

Kesalahan pemahaman tersebut menyebabkan kendurnya nilai-nilai agama dan nilai-nilai keakraban sosial.

"Tentu saja, hal tersebut sangat mengkhawatirkan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Ia menyampaikan, MPR RI sebagai lembaga legislatif negara terus berusaha menghidupkan kembali nilai-nilai dan semangat nasionalisme berbangsa, salah satunya dengan terus mensosialisasikan empat pilar MPR RI, Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

"Pemahaman dan implementasi terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar tersebut harus selalu ditumbuh kembangkan dalam mewujudkan cita-cita masa depan Indonesia yang lebih baik menuju masyarakat yang sejahtera, adil, makmur serta menjadi negara yang berdaulat dan bermartabat," katanya.

Karena itu, lanjut Roberth, sosialisasi ini dilandaskan pada cita-cita negara Indonesia dalam alinea IV UUD RI 1945.

Salah satunya adalah untuk Mencerdaskan kehidupan bangsa, atas dasar itulah sosialisasi menjadi begitu penting.

"Karena melalui kegiatan ini (sosialisasi) dapat membentuk manusia Indonesia yang berkualitas, maju, unggul, berakhlak mulia dan berdaya saing tinggi sebagai modal utama dalam pembangunan bangsa," kata Roberth Rouw.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2015