Takaoka, prefektur Toyama (ANTARA News) - Teman lama dan penggemar Fujiko F. Fujio mereproduksi kembali rumah sang komikus dan menciptakan suasana saat sang komikus legendaris menghabiskan masa kecil di sana.

Para relawan membeli rumah pribadinya di distrik Jozukamachi, Takaoka yang dibangun di tempat di mana salah satu pencipta Doraemon tinggal pada usia 5-15 tahun.

Pada 19 September, mereka mendirikan asosiasi kampung halaman Fujiko F. Fujio (Fujiko F. Fujio Furusato Kai) untuk mengawasi proyek itu.

Sekitar 20 orang, termasuk anggota asosiasi yang dikepalai Ryuichiro Yoshioka, bergabung dalam pertemuan perdana.

"Ini yang kau sebut tempat sakral di mana banyak penggemar Fujiko dari penjuru negeri berkunjung tiap tahun dan kami ingin menyediakan (rumah renovasi) sebagai fasilitas di mana mereka dapat merasakan suasana saat Fujiko tumbuh besar," kata Yoshioka.

Fujiko lahir dengan nama Hiroshi Fujimoto di Takaoka pada 1933. Dia meninggal dunia pada 1996.

Setelah renovasi dan perbaikan, Fujiko no Yakata (rumah Fujiko) akan dibuka pada Desember. Di dalamnya ada reproduksi kamar belajar dan fasilitas lain, berdasarkan kenang-kenangan dari teman-temannya, sebagian bahkan berasal dari masa sekolah dasar.

Asosiasi itu akan mengumpulkan dan menata artikel, surat, artwork bertanda tangan dan benda lain terkait yang dimiliki penduduk yang terkait dengan sang seniman. Benda-benda tersebut akan dipajang satu demi satu sehingga pengunjung dapat membayangkan kehidupan Fujiko saat dibesarkan di Takaoka.

Asosiasi berencana menerbitkan buletin untuk memperkenalkan riset karya Fujiko, kisah terkait dari kampung halamannya dan memperkenalkan pameran, demikian Asahi Shimbun.


Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015