Muenchen (ANTARA News) - Bayern Muenchen berhasil menang telak dengan skor 5-1 melawan seteru abadi mereka, Borussia Dortmund, dalam laga pekan ke-8 Bundesliga Jerman di Allianz Arena, Senin dini hari WIB.

Laga bertajuk Der Klassiker itu berjalan cukup timpang ke kubu Muenchen yang mendominasi 58 persen penguasaan bola selama 90 menit pertandingan.

Thomas Mueller dan Robert Lewandowski sama-sama menyumbangkan dua gol untuk kemenangan Muenchen kali ini.

Sementara Mario Goetze, yang juga seperti Lewandowski pernah membela Dortmund sebelum menyeberang ke Muenchen, mencetak gol pamungkas tim besutan Josep Guardiola di laga tersebut.

Sebuah gol semata wayang Dortmund di laga itu lahir dari kaki Pierre-Emerick Aubameyang.

Hasil itu juga menjadi kemenangan kedelapan Muenchen dalam delapan laga yang sudah dijalani, atau dalam kata lain sapu bersih.

Mereka untuk sementara memuncaki klasemen Bundesliga dengan raihan 24 poin, terpaut tujuh poin dari Dortmund yang saat ini merupakan pesaing terdekat dan ada di peringkat kedua.

Dortmund yang tampil tanpa Marco Reus sejak awal laga, kesulitan membangun permainan mereka dan tuan rumah membuka keunggulan pada menit 26 saat Mueller menyelesaikan umpan Jerome Boateng dengan tenang di dalam kotak penalti lawan.

Menit 34 Thiago Alcantara dilanggara Henrikh Mkhitaryan di area terlarang dan Mueller yang menjadi algojo sukses menggandakan keunggulan Muenchen 2-0.

Namun tim tamu masih berusaha melakukan pukulan balik, hasilnya menit 36 Aubameyang memperkecil kedudukan untuk Dortmund dan skor 1-2 untuk tuan rumah bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, serangan pertama Muenchen segera berbuah gol saat bola kiriman Boateng berhasil dimanfaatkan Lewandowksi yang mencetak gol ke gawang mantan klubnya itu membawa tuan rumah unggul 3-1.

Lewandowksi melengkapi raihan dwigolnya dalam laga itu 12 menit berselang dengan sontekan mudah menyelesaikan umpan Goetze.

Kemenangan Muenchen dilengkapi Goetze lewat golnya pada menit 65.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut seturut laman resmi UEFA.

Bayern Muenchen (4-3-3): Manuel Neuer (PG); Philipp Lahm, Javi Martinez, Jerome Boateng, David Alaba; Mario Goetze, Xabi Alonso (Joshua Kimmich), Thiago Alcantara (Arturo Vidal); Thomas Mueller (Kingsley Coman), Robert Lewandowski, Douglas Costa
Pelatih: Josep Guardiola

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Burki (PG); Sokratis Papastathopoulos, Sven Bender, Mats Hummels, Lukasz Piszczek; Ilkay Guendogan, Julian Weigl, Gonzalo Castro (Adnan Januzaj); Shinji Kagawa (Marco Reus), Henrikh Mkhitaryan; Pierre-Emerick Aubameyang
Pelatih: Thomas Tuchel

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015