Jakarta (ANTARA News) - Para pebulu tangkis utama Indonesia mengikuti turnamen Denmark Terbuka 2015 dan Prancis Terbuka 2015 untuk mendapatkan poin guna mendongkrak peringkat dan mengamankan tiket menuju Olimpiade Rio 2016.

"Persiapan kami menjelang turnamen ini hanya dua minggu, namun target kami setiap pertandingan pasti menjadi juara. Kami mau tampil nothing to lose dengan tetap memberikan yang terbaik," kata pebulu tangkis Liliyana Natsir di Pelatnas Cipayung, Jakarta, Jumat.

Denmark Terbuka 2015 dan Prancis Terbuka 2015 menawarkan poin yang tinggi bagi pebulu tangkis untuk dapat meningkatkan peringkat dunia mereka.

Denmark Terbuka merupakan turnamen super series premier yang menawarkan 11.000 poin bagi peraih titel juara, sementara kampiun Prancis Terbuka yang merupakan turnamen super series akan mendapatkan 9.200 poin.

Indonesia mengirimkan pebulu tangkis terbaik di dua turnamen tersebut. Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menjadi juara bertahan Prancis Terbuka bertekad mengulang sukses dan juga sekaligus merebut gelar juara di Denmark.

Liliyana menyadari bahwa persaingan di ganda campuran semakin ketat dan memiliki persebaran kekuatan yang merata.

"Semua lawan kami anggap berat, namun ada satu lawan yang kami fokus untuk kalahkan, yaitu pasangan peringkat satu dunia Zhang Nan/Zhao Yunlei," kata pebulu tangkis yang akrab disebut Butet tersebut.

Kejuaraan Denmark Terbuka akan berlangsung di Odense, Denmark, pada 13-18 Oktober 2015. Para atlet kemudian langsung menuju Paris untuk mengikuti Prancis Terbuka 20-25 Oktober 2015.

"Persiapan pemain cukup baik. Para pemain yang berlaga akan berangkat ke Denmark pada 10 Oktober 2015," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia Rexy Mainaky.

Atlet-atlet yang mewakili Indonesia pada nomor tunggal putra antara lain Tommy Sugiarto, Dionysius Hayom Rumbaka, dan Andre Kurniawan Tedjono.

Pada nomor tunggal putri, Indonesia menempatkan Linda Wenifanetri dan Maria Febe Kusumastuti. Untuk nomor ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi akan berlaga di Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka.

Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari akan mewakili Indonesia di nomor ganda putri di Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka. Pia Zebadiah Bernadeth/Variella Aprilsasi Putri Lejarsar mewakili Indonesia di nomor ganda putri Prancis Terbuka.

Pada nomor ganda campuran, Indonesia menempatkan empat pasangan, yaitu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Riky Widianto/Richi Puspita Dili.

Pasangan Tontowi/Liliyana dan Praveen/Debby akan bertanding di Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka. Riky/Richi hanya mengikuti turnamen Denmark Terbuka, dan Edi/Gloria berlaga di Prancis Terbuka.

Pewarta: Calvinantya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015