Jakarta (ANTARA News) - Masakan tradisional Indonesia seperti nasi rames, bakso, beraneka ragam soto baik Betawi, Kudus, Lamongan, sate, asinan, ternyata digemari banyak turis asing yang datang ke ibu kota Jakarta.

"Banyak turis asing yang datang ke Jakarta datang ke restoran kami (Roemah Kuliner), untuk menikmati makanan tradisional Indonesia," ujar Direktur Makanan dan Minuman Cinema 21, Dody Suhartono, di Jakarta, Senin.

Dody Suhartono menambahkan di restoran yang terletak di gedung bersejarah Metropole tersebut, dengan mudah menemukan makanan Indonesia dari berbagai daerah.

"Masakan yang kami hidangkan sama sekali tak menggunakan penyedap rasa atau vetsin," tambah dia.

Pihaknya memilih membuat kaldu alami yang memerlukan waktu sekitar tujuh jam.

Uniknya, restoran itu juga menyajikan makanan khas ala tempo dulu seperti puding talam duku, puding talam jagung hingga es bubur sumsum.

"Kalau dulu, biasanya kita membeli puding talam duku lewat abang- abang yang memanggul dagangannya. Sekarang, semua makanan tersebut tersaji di sini dan tentu saja higienis".

Dody berharap dengan makanan, pengunjung bisa bernostalgia mengenang masa lalu di restoran tersebut.

Restoran itu menyediakan menu dari seluruh kepulauan di Indonesia, ada Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan sebagainya

"Yang paling unik adalah adanya sayur bunga pepaya, yang tentu saja diolah sedemikian rupa sehingga tidak pahit".

Sebelumnya, Pakar kuliner William Wongso memperkirakan dalam waktu dekat kiblat kuliner dunia akan pindah ke Indonesia.

"Saat ini, pola pikir masyarakat dunia sudah berbeda. Masyarakat sudah mencoba berbagai cita rasa dan dalam waktu dekat, saya perkirakan akan pindah ke kita," ujar William.

(I025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015