Madrid (ANTARA News) - Indeks acuan pasar saham Spanyol, Ibex-35, memulai pekan ini dengan sedikit penurunan pada Senin, mengakhiri keuntungan selama delapan hari berturut-turut.

Sesi, yang diselenggarakan pada hari libur nasional di Spanyol, melihat nilai saham-saham turun 0,61 persen ke tingkat 10.246,40 poin, kurang lebih sejalan dengan sebagian besar pasar Eropa, lapor Xinhua.

Aktivitas perdagangan kurang bergairah mungkin terkena dampak negatif pesan Komisi Eropa yang telah mengatakan kepada Spanyol, bahwa ia tidak percaya rincian anggaran pemerintah Spanyol yang telah dikirim, memperingatkan Spanyol menjalankan risiko tidak memenuhi tujuan defisit.

Di antara pemenang di pasar pada Senin adalah perusahaan konstruksi OHL, yang nilainya naik 1,86 persen, setelah diberitakan bahwa perusahaan telah menjual dana Tyrus dan meningkatkan modalnya.

Perusahaan lain yang melihat nilai sahamnya naik adalah AIG dan Inditex, sementara di antara perusahaan yang melihat nilai sahamnya tergelincir adalah Gamesa, yang sahamnya jatuh lima persen, sementara saham Repsol kehilangan 2,06 persen.

Sementara itu suku bunga atas obligasi 10 tahun Spanyol mencapai 1,81 persen, sedangkan premi risiko turun menjadi 123 poin dalam seminggu di mana kementerian keuangan Spanyol bertujuan untuk menghimpun 8,5 miliar euro (sekitar 9,69 miliar dolar AS) dalam penerbitan obligasi setelah S&P menaikkan peringkat utang Spanyol.
(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015