Ahok: aplikasi "iJakarta" berikan akses buku berkualitas

Ahok: aplikasi "iJakarta" berikan akses buku berkualitas

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Tujuan diluncurkannya aplikasi perpustakaan digital bernama iJakarta ini adalah supaya seluruh warga bisa mengakses buku-buku yang berkualitas secara mudah dan cuma-cuma."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial "iJakarta" bertujuan agar masyarakat dapat mengakses buku-buku berkualitas secara mudah.

Hal tersebut disampaikannya secara langsung dalam acara peluncuran aplikasi "iJakarta" sekaligus peringatan puncak Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) yang digelar di Balai Kota DKI.

"Tujuan diluncurkannya aplikasi perpustakaan digital bernama iJakarta ini adalah supaya seluruh warga bisa mengakses buku-buku yang berkualitas secara mudah dan cuma-cuma," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Selain itu, menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu, keberadaan aplikasi tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh para penerbit untuk menerbitkan buku secara digital.

"Tentu saja aplikasi perpustakaan digital ini bisa dijadikan sebagai ajang promosi buku dari penerbit. Tanpa harus dicetak, banyak yang bisa dihemat. Jadi, aplikasi ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," ujar Ahok.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta Tinia Budiati menuturkan aplikasi tersebut menyediakan ribuan judul buku dengan berbagai macam kategori.

"Kategorinya itu mulai dari buku pelajaran sekolah, perkuliahan, ilmu pengetahuan umum, biografi, sejarah serta buku-buku populer lainnya. Semuanya bisa diakses warga secara gratis," tutur Tinia.

Dia mengungkapkan aplikasi itu turut didukung oleh sejumlah penerbit, antara lain Gramedia Pustaka Utama, Erlangga, Agro Media Group, Mizan, Elex Media Komputindo, Gramedia Widiasarana Indonesia, Bhuana Ilmu Populer, Kepustakaan Populer Gramedia, Penerbit Kanisius, UGM Press, UNS Press dan UB Press.

"Dengan adanya dukungan itu, maka koleksi buku yang ada didalam perpustakaan elektronik ini akan terus bertambah. Sehingga, masyarakat memiliki kesempatan untuk mengakses buku lebih banyak lagi," ungkap Tinia.

Aplikasi perpustakaan digital iJakarta dapat diunduh di ponsel pintar atau smartphone berbasis android, iOS dan windows. Aplikasi itu dapat digunakan, baik secara online maupun offline.

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar