Zurich (ANTARA News) - FIFA pada Rabu menjatuhkan sanksi kepada mantan pejabat teras sepak bola Afrika Selatan Lindile Kika selama enam tahun atas perannya dalam skandal pengaturan pertandingan bersama sindikat judi Asia sebelum Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010.

Kika, mantan direktur timnas Asosiasi Sepak Bola Afsel, merupakan salah satu dari lima pejabat yang disebut dalam laporan FIFA terkait pengaturan pertandingan, lapor AFP.

Komite etik ajudikasi FIFA mengatakan telah melarang Kika "dari semua kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola di tingkat nasional dan internasional selama enam tahun."

Dikatakan pula bahwa aksi diikuti dengan penyelidikan "beberapa pertandingan persahabatan internasional yang dimainkan di Afrika Selatan pada tahun 2010. "

Laporan FIFA sebelumnya mengatakan bagaimana pengatur pertandingan yang berbasis di Singapura yang telah dijatuhi hukuman

Wilson Perumal dan organisasi sepak bola 4U-nya telah dikaitkan dengan pejabat di Afrika Selatan untuk mengatur jalannya pertandingan sebelum negara itu menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010.

FIFA menemukan kecurangan atas hasil pertandingan pemanasan melawan Thailand, Bulgaria,Kolombia dan Guatemala.
(Uu.D011/A020)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015