Dia sopan dan pendiam dan pada beberapa pegawai ia bilang datang untuk mendapatkan privasi dan bersantai
Las Vegas (ANTARA News) - Pemain basket dan bintang televisi Lamar Odom dikabarkan kritis di sebuah rumah sakit di Las Vegas, Rabu (14/10), waktu setempat, setelah ia ditemukan tidak sadarkan diri di rumah bordil legal Love Ranch.

Mantan pemain Los Angeles Lakers, yang juga mantan suami Khloe Kardashian, mengalami serangan pada Selasa lalu dibawa ke rumah sakit, menurut keterangan Nye County Sheriff's Office, seperti yang dikabarkan Reuters, Kamis.

The Sunrise Hospital & Medical Center di Las Vegas, tempat Odom dirawat, menolak memberikan komentar atas kondisi Odom dengan alasan kerahasiaan pasien.

Situs TMZ.com, mengutip sumber yang tidak disebutkan identitasnya mengatakan Odom koma dan beberapa organ tubuhnya sakit. Situs selebriti E! juga menuliskan informasi dari sumber anonim bahwa ia menderita kerusakan otak dan serangan stroke, serta dipasangi ventilator setelah diberi beberapa obat.

Pada konferensi pers, Rabu waktu setempat, Sheriff Sharon Wehrly mengatakan pihak berwenang menerima panggilan darurat dari pegawai rumah bordil yang panik dan mengabarkan seorang laki-laki, yang teridentifikasi sebagai Odom, tidak sadar dengan darah dan cairan putih keluar dari hidung dan mulutnya.

"Saat panggilan itu, pihak yang melaporkan memberi informasi Nye County Sheriff's Office bahwa laki-laki itu menggunakan kokain," kata Wehrly.

Mereka mengonfirmasi penggunaan pada Sabtu, tapi tidak yakin apakah diteruskan setelah itu, kata dia.

Penelepon juga mengabarkan Odom memakan 10 tablet suplemen herbal penambah gairah seksual.

Pemilik Love Ranch Dennis Hof mengatakan selama tinggal tiga hari, Odom mengonsumsi "viagra herbal" dalam jumlah besar, produk tanpa resep dokter yang dapat menurunkan tekanan darah secara drastis dan berpengaruh dengan obat lainnya.

Departemen Sheriff memperoleh surat perintah pencarian sehingga dapat melakukan tes darah terhadap Odom, kata Wehrly. Ia pun dapat menghadapi tuntutan bila hasil penyelidikan menentukan ia menggunakan kokain.

TMZ dan US Weekly melaporkan Khloe Kardashian menungguinya di rumah sakit.

"Keluarga dan teman sangat mengkhawatirkan Lamar," kata Eve Sarkisyan, publisis Odom, dalam pernyataan.

Peristiwa ini terjadi setelah kariernya selama 14 musim dengan tim National Basketball Association turun, termasuk dengan Lakers pada 2004-2011.

Atlet berusia 35 tahun bertinggi badan 2 meter ini dikabarkan bermasalah dengan kokain, meski tidak pernah memberi konfirmasi pada publik. Ia hanya mengakui menggunakan mariyuana.

Saat musim 2000-2001, Odom dihukum karena melanggar kebijakan antinarkoba NBA. 2013, ia menerima dakwaan terhadap tuduhan mengemudi sambil mabuk dan diperintahkan masuk rehabilitasi penyalahgunaan alkohol.

Mantan teman-teman satu tim Odom menyatakan dukungan padanya, Rabu.

Pemain dari Lakers, Kobe Bryant, meninggalkan sebuah pertandingan untuk menjenguknya di rumah sakit. Lainnya mendukung lewat Twitter.

"Saya berdoa sepanjang pagi untuk teman baik saya dan pemain baik Lakers, Lamar Odom. Semoga Tuhan memberkatinya untuk melewatinya," kata Earvin "Magic" Johnson, yang juga mantan pemain Lakers, di Twitter.

"Yang tidak disadari banyak orang aalah Lamar Odom orang yang lebih baik dan dia pemain basket."

Odom menang dua kejuaraan bersama Lakers pada 2009 dan 2010. Ia menjadi pemain bebas sekarang, terakhir bermain untuk Los Angeles Clippers saat musim 2012-13 dan sekarang tidak terikat dengan tim mana pun.

Prostitusi adalah ilegal di Amerika Serikat namun beberapa rumah bordil di Nevada, termasuk Love Ranch, adalah legal.

Hof mengatakan Odom tiba di sana pada Sabtu.

"Dia sopan dan pendiam dan pada beberapa pegawai ia bilang datang untuk mendapatkan privasi dan bersantai," kata Hof.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015