New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street berakhir lebih tinggi pada Kamis (Jumat pagi WIB), mengikuti pergerakan naik pasar ekuitas global didorong meningkatnya kepercayaan bahwa Federal Reserve AS akan menunda kenaikan suku bunganya.

Dow Jones Industrial Average naik 217,00 poin (1,28 persen) menjadi ditutup pada 17.141,75.

Indeks berbasis luas S&P 500 melonjak 29,62 poin (1,49 persen) menjadi berakhir di 2.023,86, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq bertambah 87,25 (1,82 persen) menjadi 4.870,10.

Analis melihat peluang jauh lebih rendah pada kenaikan suku bunga The Fed menyusul aliran laporan ekonomi AS yang biasa-biasa saja, termasuk data Kamis yang menunjukkan harga konsumen turun pada September.

"Para investor bereaksi terhadap kemungkinan meningkatnya bahwa kenaikan suku bunga The Fed, yang telah diharapkan sebulan lalu pada September, sekarang mungkin tidak akan terjadi selama tahun ini," kata David Levy, manajer portofolio di Kenjol Capital Management.

Saham sektor keuangan diuntungkan. Citigroup melonjak 4,4 persen setelah mengalahkan ekspektasi analis pada kenaikan 51 persen di laba kuartal ketiga menjadi 4,3 miliar dolar AS.

Goldman Sachs yang sedikit gagal memenuhi harapan laba, tapi naik 3,0 persen setelah direktur keuangan perusahaan memberikan prospek meyakinkan tentang aktivitas merger dan akuisisi.

Bank besar lainnya juga menguat, termasuk Bank of America bertambah 3,5 persen, JPMorgan Chase menguat 3,2 persen dan Wells Fargo naik 2,3 persen.

Saham sektor farmasi merupakan kategori lain yang menguat, dengan anggota Dow Pfizer meningkat 3,2 persen, Biogen melonjak 4,5 persen dan Celgene naik 3,4 persen.

Tetapi Valeant Pharmaceuticals International anjlok 4,8 persen karena berita bahwa perusahaan telah dipanggil oleh jaksa AS untuk informasi tentang keputusan penentuan harga obat.

Saham perusahaan Tiongkok yang tercatat di AS menguat setelah indeks Shanghai menguat lebih tinggi. Raksasa daring (online) Alibaba maju 4,8 persen, sementara perusahaan pencarian internet Baidu

naik 3,6 persen.

Netflix tenggelam 8,3 persen setelah melaporkan jumlah pelanggan baru AS mengecewakan dan keuntungan sedikit lebih rendah dari yang diharapkan pada kuartal ketiga.

Saham teknologi besar lainnya maju, termasuk Apple naik 1,5 persen, Amazon bertambah 3,2 persen dan Facebook meningkat 2,0 persen.

Harga obligasi jatuh. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS berjangka 10-tahun naik menjadi 2,02 persen dari 1,98 persen pada Rabu, sementara pada obligasi 30-tahun naik menjadi 2,86 persen dari

2,84 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah. Demikian laporan AFP.

(Uu.A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015