Jakarta (ANTARA News) - Berkarya dengan segalanya untuk mengharumkan nama bangsa adalah salah aksi nyata untuk membela negara, kata animator Chikita Fawzi.

"Ikut memperbaiki bangsa dari apa yang kita bisa, tidak cuma komentar saja tapi juga aksi nyata," kata gadis yang akrab disebut Kiki ini kepada  Antara News di Jakarta, Jumat.

Kementerian Pertahanan berencana membentuk kader bela negara untuk 100 juta orang dalam 10 tahun demi mengantisipasi serangan ideologi dari dalam dan luar negeri, serta menjaga rasa cinta tanah air.

Putri pasangan musisi Ikang Fawzi dan Marissa Haque itu memilih berkontribusi kepada negara lewat kegiatan sosial seperti Kelas Inspirasi dan Indonesia Mengajar sehingga dia kerap mendatangi daerah di pelosok untuk menjadi relawan pendidikan.

Gadis yang pernah ikut menggarap animasi "Upin Ipin" dari Malaysia itu kini sedang sibuk mengerjakan beberapa proyek, seperti album dan buku fesyen.

"Padat merayap," seloroh Kiki mengenai kegiatannya.

Meski sang ayah rocker kenamaan, Kiki sama sekali tidak meminta bantuan Ikang Fawzi dalam menggarap albumnya karena dia ingin lepas dari bayang-bayang kesuksesan orangtua.

Meski demikian, orangtuanya diakui Kiki selalu memberi dukungan mental agar karyanya sukses.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015