Jakarta (ANTARA News) - Sekumpulan anak muda yang bernaung dalam Yayasan Cinta Alam Indonesia (YCAI)  meluncurkan "GenerasiSholeh.com", sebuah website religi yang dikemas untuk pembinaan moralitas anak muda secara mutakhir, agar pembinaan generasi muda dapat lebih "dihidupkan".

Peluncuran situs itu bertepatan dengan tahun baru Islam, 1 Muharram 1437 H, atau Rabu (14/10). Situs religi GenerasiSholeh mempunyai tujuan utama melakukan edukasi anak muda untuk berbagi informasi, cara dan pemikiran, membantu sesama generasi muda agar dapat mempunyai dasar kepahaman agama dan nantinya diharapkan akan jadi manusia yang berakhlakul-karimah, berilmu dan mandiri.

"Sasaran kami adalah awareness anak muda untuk membantu sesamanya dalam memahami permasalahan yang ada khususnya tentang agama baik itu secara praktek maupun teori. Untuk itu konten yang kita siapkan di GenerasiSholeh.com kita buat seinformatif mungkin sehingga diharapkan mudah dimengerti dan diamalkan oleh anak-anak sampai dewasa," kata Zulkifli Abdillah selaku Founder GenerasiSholeh.com, dalam keterangan pernya di Jakarta, Jumat.

Tampak di situs religi itu banyak berisi konten-konten yang bermisi dakwah yang dikemas secara informatif  membangun, sarat pendidikan namun dengan style anak muda, misalnya fitur 'bukan basa-basi' yang berisi berbagai informasi mengenai aktifitas ibadah sehari-hari yang sederhana namun punya hikmah luar biasa, dirangkum dalam tuturan khas anak muda dengan dasar hukum agama yang sahih.

Selanjutnya fitur LIVE Chat Curhat "Somebody Ask Me" yang dibuat untuk menampung segala kegalauan atau curhatan anak muda dan juga orang dewasa, dilengkapi dengan interaksi dan konsultasi secara langsung tanpa dipungut biaya sepeserpun.

"Kami mencoba memberi solusi kepada mereka yang curhat agar mereka bisa mengembalikan semuanya kepada Allah, bukan curhat di media sosial yang mungkin malah menjadi bahan tertawaan orang lain. Fitur Live Chat Curhat ini langsung ditangani oleh para ulama serta mubaligh-mubalighoh muda yang menjadi bagian dari komunitas di GenerasiSholeh.com, sehingga arahannya tetap berlandaskan pada hukum-hukum agama yang sahih,"  tambah Zulkifli.

Disamping dikemas dalam situs di dunia maya, kegiatan offline juga dicanangkan seperti event Program  Pembina Generus Fair (PPG Fair) 2015, terdiri dari beragam agenda bernuansa religi seperti  Festival Anak Sholeh, lomba Tahfizh Qur’an, Da’i Cilik & Da’i Remaja, Cerdas Cermat Agama, dan beragam lomba keagamaan lainnya.

Kegiatan offline ini akan dilaksanakan pada 31 Oktober - 1 November 2015, di Kompleks Masjid Baitul Hasan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Harapan kami, kegiatan ini dapat menggaungkan pembinaan moral generasi muda di masyarakat luas. Kami melakukan beberapa bentuk pembinaan di TPA-TPA dan majelis taklim, kami berharap kegiatan semacam ini juga mampu menjadi salah satu media untuk evaluasi program-program kami," tutur ketua panitia PPG Fair 2015, Ustad M Teguh Sugiyono.

Di samping itu, dalam rangkaian kegiatan PPG Fair 2015 akan diselenggarakan pula Seminar Ide Bisnis, dengan tujuan membekali generasi muda bukan hanya dengan ilmu pengetahuan agama, melainkan juga dengan ilmu pengetahuan keduniaan sebagai bekal kemandirian.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015