Jakarta (ANTARA News) - Ada target khusus yang diharapkan dari murid kelas 3-E yang dicap terbodoh di Kunugigaoka Junior High School: membunuh Koro Sensei si wali kelas misterius berbentuk alien gurita berkulit kuning.

"Semoga sukses membunuhku sebelum kelulusan!" kata Koro Sensei dengan ekspresi ceria seperti biasa sembari menghindar dari serbuan peluru yang disemburkan senjata para murid saat kelas pagi dimulai.

Koro sensei adalah alien yang berhasil menghancurkan bulan. Dia mengancam akan menghancurkan bumi pada Maret mendatang bila tak ada murid yang berhasil membunuhnya.

Setiap waktu, para murid mencoba membunuh sang guru dengan senjata yang hanya berbahaya bagi Koro Sensei namun aman untuk manusia. Apalagi ada iming-iming hadiah sebesar 10 miliar yen dari pemerintah untuk siapa pun yang berhasil memusnahkan gurita kuning itu. Usaha mereka sia-sia karena Koro Sensei terlalu gesit dan memiliki banyak tipu muslihat sehingga bebas dari ancaman kematian.

Sembari menunggu kematiannya yang tak kunjung datang, Koro Sensei dengan telaten mengajar tiap murid sesuai minat dan kemampuan mereka masing-masing. Lama kelamaan anak-anak yang dianggap buangan oleh kelas lain menaruh rasa sayang pada guru alien yang melakukan tugasnya dengan baik sebagai pengajar.

"Assassination Classroom" dibalut dalam bumbu aksi dan komedi dan disutradarai Eiichiro Hasumi adalah adaptasi dari komik buatan Yusei Matsui berjudul "Ansatsu Kyoushitsu".

Komik yang diterbitkan secara berkala di majalah komik Weekly Shonen Jump itu dihidupkan di layar lebar oleh sederet aktor muda seperti Ryosuke Yamada (21) dari grup Hey! Say! Jump!, Masaki Suda dan Maika Yamamoto. 

Pengisi suara Koro Sensei yang dibuat dengan efek CG sebelumnya dirahasiakan hingga hari pembukaan. Peran itu ternyata jatuh pada Kazunari Ninomiya (31) salah satu anggota grup idol Arashi.

Ada pula Seishiro Kato dan Kanna Ashimoto yang berperan sebagai pembunuh nyentrik yang mengincar nyawa Koro sensei. Para pemeran pendukung lain yang menjadi guru di sekolah tersebut meliputi bekas anggota grup Korea Selatan KARA Kang Ji-Young, Masanobu Takashima dan Kippei Shiina. 

Di Jepang, film ini ditayangkan di 313 layar bioskop dan meraup 2 miliar yen dalam dua pekan. Sekuel "Assassination Classroom" rencananya akan ditayangkan tahun depan. "Assassination Classroom" diputar di CGV Blitz dan Cinemaxx.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015