Moskow (ANTARA News) - Bintang lompat galah asal Rusia Yelena Isinbayeva Rabu mengatakan bahwa dia berencana pensiun setelah Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, di mana dia akan mengincar medali emas Olimpiade ketiganya.

"Jika semuanya berjalan sesuai rencana, saya akan berada dalamn peran baru tahun depan," kata Isinbayeva kepada para pewarta dalam pertemuan asosiasi Olimpiade dunia di Moskow.

Sebelumnya atlet berusia 33 tahun itu pernah mengatakan akan pensiun setelah memenangi kejuaraan dunia IAAF 2013 di Moskow, namun dia kemudian mengumumkan bahwa dia akan pensiun jika dia punya peluang memenangi medali emas di Rio.

Pada Rabu, Isinbayeva mengatakan persiapannya untuk Rio cukup bagus.

Isinbayeva yang pernah memenangi medali emas di Olimpiade musim panas 2004 di Athena dan menang lagi di Olimpiade Beijing 2008, mengambil cuti panjang setelah dia naik podium pada kejuaraan dunia atletik indoor IAAF 2010 di Doha.

Dia kembali berkompetisi pada Februari 2011, kembali memenangi gelar dunia indoor keempat di Istanbul sebelum meraih perunggu di Olimpiade London 2012.

Isinbayeva merupakan wanita pertama yang mampu melewati mistar setinggi 5 meter, dan membuat rekor dengan catatan lompatan 5,06 meter di Zurich pada 2009. Demikian laporan AFP.

(Uu.A020/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015