Jumlah blogger 3,5% dari 88,1 juta pengguna internet

Jumlah blogger 3,5% dari 88,1 juta pengguna internet

ilustrasi Layanan Internet Masuk Sekolah Sejumlah siswa SD mencari bahan tugas di mobil pusat layanan internet, di halaman sekolah mereka, di Medan, Sumut, Selasa (14/10). Layanan internet masuk sekolah tersebut dalam rangka meningkatkan informasi bagi siswa di berbagai bidang pelajaran. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi) ()

Mereka masih ada, walaupun tren blogging cenderung menurun yakni 3,5 persen dari seluruh pengguna internet,"
Jakarta (ANTARA News) - Jumlah blogger di Indonesia hanya 3,5 persen dari 88,1 juta pengguna internet di Tanah Air, kata blogger senior sekaligus ketua panitia Blogger Camp 2015, Matahari Timoer.

"Mereka masih ada, walaupun tren blogging cenderung menurun yakni 3,5 persen dari seluruh pengguna internet," katanya di Jakarta, Kamis, dalam jumpa media menyambut Hari Blogger Nasional pada 27 Oktober mendatang.

Kendati jumlah mereka tidak banyak, Matahari yakin para blogger tetap bertahan dan memiliki kredibilitas.

"Sebagaian orang rezekinya memang di blog. Berbeda dengan media sosial dan advertising, blogger menggunakan sisi personal dalam menulis, misalnya dalam branding suatu produk," kata dia.

Blogger Camp 2015 ditujukan untuk meningkatkan kredibiltas para blogger dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan serempak di empat kota pada 26 dan 27 Oktober bersama hampir 300 blogger paling berpengaruh.

"Kredibilitas blogger semakin diperlukan mengingat 68,7 persen di antara pengguna internet menggunakan dunia maya untuk tujuan pencarian informasi," ujar pria yang akrab disapa MT itu.

Senada dengan Matahari, pengamat kegiatan pemasaran digital, Wiwik Wuryanti, mengatakan peran blog sebagai penyumbang konten di dunia pemasaran kian meningkat seiring bertambahnya belanja iklan korporasi di media digital.

"Sudah seharusnya dan sudah waktunya blogger Indonesia serius membangun kredibilitas mereka sebagai kontributor di dunia pemasaran," kata dia.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar