Molde, Norwegia (ANTARA News) - Molde FK berhasil meraih kemenangan meyakinkan atas tim tamu Glasgow Celtic dengan skor 3-1 dalam laga penyisihan Grup A Liga Europa di Stadion Aker, Norwegia, Jumat dini hari WIB.

Gol-gol Molde dicetak oleh Ola Kamara, Vegard Forren dan Mohammed Elyounoussi, sementara Celtic membalas melewan Kristian Commons.

Kemenangan itu mengokohkan posisi tim asuhan Ole Gunnar Solksjaer tersebut di puncak klasemen sementara dengan raihan tujuh poin sementara Celtic (2) tertahan di dasar klasemen.

Meski statistik Opta mencatat Molde hanya menguasai 31 persen pengendalian bola sepanjang laga, mereka bermain cukup agresif dengan melepaskan 11 kali percobaan tembakan dengan tingkat akurasi menawan yang lima di antaranya tepat sasaran.

Sementara Celtic yang tampil dominan justru gagal mengkapitulasi penguasaan 69 persen bola yang mereka miliki dengan hanya dua kali menemui sasaran dalam 14 kali percobaan tembakan.

Menit 11, Molde membuka keunggulan lewat skema serangan saat Elyounoussi menusuk masuk sebelum melepaskan umpan terobosan yang diselesaikan dengan baik oleh Kamara.

Tujuh menit berselang keunggulan Molde berganda saat umpan silang Martin Linnes diteruskan tendangan voli Forren demi menaklukkan penjaga gawang Craig Gordon sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-0 untuk tuan rumah.

Usai turun minum, Celtic masih bernafsu untuk membalas, hasilnya sebuah blunder yang dilakukan Linnes di lini belakang Molde berujung gol Commons.

Linnes salah melakukan umpan dan segera direbut Commons yang akhirnya merangsek masuk ke dalam kotak penalti dan memperkecil ketertinggalan Celtic 1-2 dari Molde pada menit 55.

Namun belum juga usai kegembiraan di kubu Celtic, tuan rumah segera membunuh kemungkinan tim tamu memperoleh momentum kebangkitan dengan menghujamkan gol ketiga ke gawang Gordon pada menit 56.

Kali ini giliran Elyounoussi yang melepaskan tendangan voli menyambut bola umpan silang Mattias Mostrom.

Usai gol tersebut, Molde lebih banyak bermain di area sendiri dan beruntung mistar gawang masih memihak pada mereka saat menolak bola tendangan Nir Bitton pada menit 88.

Laga usai dengan kedudukan 3-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut seturut laman resmi UEFA.

Molde FK (4-3-3): Ethan Horvath (PG); Martin Linnes, Joona Toivio, Vegard Forren, Knut Olay Rindaroy (Per Egil Flo); Etzaz Hussain, Daniel Hestad, Harmeet Singh; Mattias Mostrom, Ola Kamara (Eirik Hestad), Mohammed Elyounoussi (Mushaga Bakenga)
Pelatih: Ole Gunnar Solksjaer

Celtic (4-2-3-1): Craig Gordon (PG); Mikael Lustig, Dedryck Boyata, Efe Ambrose, Emilio Izaguirre; Scott Brown, Nir Bitton; Kristian Commons (Nadir Ciftci), Stefan Johansen, Stuart Armstrong (Gary Mackay-Steven); Leigh Griffiths
Pelatih: Ronny Deila

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015