Jadi, apabila Jakarta Marathon ini bisa disejajarkan dengan marathon bergengsi lainnya di dunia, maka jumlah kunjungan wisatawan ke Jakarta juga akan ikut meningkat
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengharapkan penyelenggaraan Jakarta Marathon dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kota Jakarta setiap tahun.

"Efeknya bukan hanya dari segi pariwisata dan perekonomian, kami berharap kegiatan tersebut juga sekaligus memupuk rasa memiliki kota dan menumbuhkan jiwa sportivitas setiap warga di Jakarta," kata Basuki di Jakarta, Jumat.

Ia mengharapkan kegiatan Jakarta Marathon yang digelar rutin setiap tahun itu dapat disejajarkan dengan kegiatan marathon bergengsi lainnya di dunia.

"Jadi, apabila Jakarta Marathon ini bisa disejajarkan dengan marathon bergengsi lainnya di dunia, maka jumlah kunjungan wisatawan ke Jakarta juga akan ikut meningkat," ujar Basuki.

Sementara itu, senada dengan Gubernur DKI Jakarta, Co-founder sekaligus Chairman Jakarta Marathon Sapta Nirwandar menuturkan Jakarta Marathon merupakan sport tourism yang memiliki peran sangat strategis sebagai salah satu ekonomi kreatif.

"Selain dapat menggerakkan roda ekonomi daerah, Jakarta Marathon juga efektif menjadi daya tarik pariwisata. Maka dari itu, di tengah lesunya perekonomian saat ini, Jakarta Marathon diharapkan mampu menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat," tutur Basuki.

Seperti diketahui, Jakarta Marathon 2015 akan digelar pada Minggu (25/10) dengan titik start dan finis di Silang Monas Barat Daya. Jakarta Marathon 2015 akan melombakan lima kategori nomor lari, yaitu Marathon 42,195 km, Half Marathon 21 km, 10K (10 km), 5K (5 km) dan Maratoonz (Children's Sprint).

Jakarta Marathon tahun ini diikuti oleh sebanyak 15.000 peserta dari 53 negara di dunia. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, yakni 10.000 peserta pada 2013 dan 14.120 peserta pada 2014.

Selama berlangsungnya acara, masyarakat diharapkan tetap berperan aktif memberikan semangat kepada para peserta agar semakin meriah dengan datang ke Monas atau di lintasan rute lomba melalui jalur-jalur alternatif yang akan disiapkan oleh pihak berwenang dan penyelenggara.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015