London (ANTARA News) - Arsenal berhasil menaklukkan tim tamu Everton dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan pekan ke-10 Liga Utama Inggris di Stadion Emirates, London, Minggu dini hari WIB.

Kemenangan itu sekaligus mengantarkan tim besutan itu naik ke puncak klasemen sementara dengan raihan 22 poin, menyalip Manchester City (21) yang baru akan melakoni laga pekan ke-10 melawan tim sekota, Manchester United (19), pada Minggu malam WIB.

Sementara kekalahan dari Arsenal membuat Everton (13) harus turun ke posisi 10 klasemen sementara, sebab di laga lain yang berlangsung lebih awal West Bromwich Albion (14) menang 1-0 atas Norwich City.

Dua legiun Prancis, Olivier Giroud dan Laurent Koscielny, menjadi pencetak gol kemenangan Arsenal atas Everton dalam kurun yang hanya berselang dua menit.

Giroud lebih dulu membuka keunggulan Arsenal pada menit 36 memanfaatkan bola umpan lambung yang dikirimkan Mesut Oezil ke dalam kotak penalti.

Giroud yang lolos dari kawalan pemain bertahan Everton berhasil menyundul bola melampaui kepala penjaga gawang Tim Howard yang sudah salah langkah.

Dua menit berselang giliran Koscielny yang mencetak gol, juga lewat tandukan kepalanya kali ini dari kiriman umpan silang Santiago Cazorla sekaligus menggandakan keunggulan Arsenal atas Everton 2-0.

Satu menit jelang turun minum, Everton memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat skema serangan balik yang diakhiri tendangan jarak jauh pemain berbakat Ross Barkley, yang sempat membentur badan bek Arsenal Gabriel Paulista sebelum melaju melewati penjaga gawang Petr Cech.

Giroud hampir memperbesar keunggulan Arsenal pada menit 69, bila saja tendangan lengkungnya tak ditolak sudut tiang gawang.

10 menit berselang, giliran mistar gawang menghalangi upaya Romelu Lukaku menyamakan kedudukan untuk Everton lewat tandukannya menyambut bola umpan silang Gareth Barry.

Menit 90, tiang gawang kembali bergetar kali ini menolak tendangan Oezil yang berusaha menyelesaikan kerja sama satu dua sentuhan dengan Giroud.

Pada menit-menit akhir pertandingan, Barry melakukan pelanggaran tak perlu sehingga membuat dirinya diganjar kartu kuning kedua oleh wasit Lee Mason hanya satu menit jelang peluit akhir berbunyi.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut seturut laman resmi UEFA.

Arsenal (4-2-3-1): Petr Cech (PG); Hector Bellerin, Gabriel Paulista, Laurent Koscielny, Nacho Monreal; Francis Coquelin, Santiago Cazorla; Alex Oxlade-Chamberlain (Mathieu Flamini), Mesut Oezil, Alexis Sanchez (Kieran Gibbs); Olivier Giroud
Pelatih: Arsene Wenger

Everton (4-2-3-1): Tim Howard (PG); Seamus Coleman (Arouna Kone), John Stones, Phil Jagielka (Ramiro Funes Mori), Brendan Galloway; James McCarthy, Gareth Barry; Gerard Deulofoeu, Ross Barkley, Aaron Lennon (Kevin Mirallas); Romelu Lukaku
Pelatih: Roberto Martinez

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015