counter

Daerah ini disiapkan jadi titik evakuasi korban asap Kalteng

Daerah ini disiapkan jadi titik evakuasi korban asap Kalteng

Ilustrasi--Kabut Asap Palangka Raya Memburuk Perahu motor menembus kabut asap saat melintasi Sungai Kahayan, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (18/10). Kabut asap akibat kebakaran lahan semakin memburuk melanda wilayah Palangka Raya, Kalteng. (ANTARA FOTO/Ronny NT)

Pulang Pisau, Kalteng (ANTARA News) - Sejumlah daerah di Kalimantan Tengah (Kalteng) direncanakan menjadi titik evakuasi korban kabut asap karena dinilai udaranya masih cukup baik.

"Untuk rencana evakuasi, Palangka Raya dan Pulang Pisau akan diarahkan ke Kapuas karena udaranya cukup bersih," kata Dansatgas Tim Terpadu Penanggulangan Kabut Asap Danrem 102/Panju Panjung Kolonel Arh Purwo Sudaryanto di Pulang Pisau, Sabtu.

Hal itu disampaikan pada rapat koordinasi dengan Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan dan empat menteri Kabinet Kerja yang ikut dalam rombongan serta jajaran pimpinan daerah Palangka Raya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk Kabupaten Katingan evakuasi diarahkan ke Seruyan sebab di daerah tersebut masih ada udara yang cukup bersih. Di samping itu, Seruyan juga memiliki landasan yang memudahkan pendistribusian bantuan.

"Juga diarahkan ke Lamandau yang berbatasan dengan Kalimantan Barat," tambah dia seraya mengatakan, jika sudah sangat terpaksa maka evakuasi akan dilakukan lewat laut dengan menggunakan KRI TNI AL.

Jika kondisi memburuk maka evakuasi akan diprioritaskan bagi anak-anak sekolah termasuk guru, wanita hamil dan lanjut usia.

Sebelumnya TNI AL sudah mengerahkan dua KRI untuk merapat ke Banjarmasin guna kebutuhan evakuasi.

Dalam penanganan kabut asap, pemerintah sudah menentukan langkah-langkah terutama menghadapi kondisi darurat, salah satunya mengevakuasi warga yang rentan terpapar kabut asap.

Korban Kabut Asap Pulang dari Pengungsian

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar