Jakarta (ANTARA News) - Jejaring Kota-kota Berketahanan Iklim di Asia (Asian Cities Climate Change Resilience Network/ACCCRN) menyerukan untuk membuat koalisi yang lebih besar di level lokal, nasional, regional, serta melibatkan para praktisi dan institusi untuk berkomitmen membantu kota untuk bertahan dan pulih dari dampak perubahan iklim.

ACCCRN  merupakan jejaring regional berbasis keanggotaan di bawah koordinasi Mercy Corps Indonesia.

Siaran pers ACCCRN menyebutkan, saat ini lebih dari separuh populasi dunia tinggal di wilayah perkotaan, dan jumlah ini akan meningkat bersamaan dengan pola cuaca yang memburuk dan tidak menentu.

ACCCRN merupakan bagian dalam Asia-Pacific Urban Forum (APUF) keenam yang berlangsung 19-21 Oktober 2015 di Jakarta. 

Forum ini diselenggarakan setiap 4-5 tahun sekali oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dan tahun ini Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Forum ini mempertemukan para pembuat kebijakan dan praktisi untuk membahas isu-isu pembangunan penting perkotaan yang muncul.

Forum tahun ini berlangsung di momen yang penting, setelah adopsi terbaru dari Sustainable Development Goals (SDGs) target kesepakatan antar-pemerintah yang dikembangkan dari pembelajaran implementasi Millennium Development Goals.

Hasil APUF-6 akan menjadi rekomendasi formal dalam Konferensi Habitat III tahun depan di Quito, Ekuador.

APUF-6 menyediakan ruang untuk fokus pada realitas baru SDGs 11 yang mengikat komitmen anggotanya untuk: "membuat kota dan hunian yang inklusif, aman, berketahanan dan berkelanjutan".

Sejak tahun 2009, Mercy Corp mengawal ACCCRN di Indonesia dengan dua kota awal pengimplementasian yaitu Bandar Lampung dan Semarang, dua kota yang rawan banjir dan juga memiliki tantangan kerusakan lingkungan lainnya.

Pendekatan dilakukan dengan membangun platform kolaborasi antara pemerintah serta tokoh masyarakat untuk memperkuat kesiapsiagaan dalam kondisi darurat sekaligus perencanaan respons yang terkoordinasi ketika banjir, longsor dan bencana lainnya, serta memperlambat tekanan onset dari perubahan iklim.
 
ACCCRN, diluncurkan tahun 2008 sebagai inisiatif dari Rockefeller Foundation, memperkuat kapasitas kota-kota yang tumbuh pesat di Bangladesh, India, Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam untuk dapat lebih baik dalam mempersiapkan sistem perkotaan dalam menghadapi tantangan perubahan iklim baik yang terjadi secara tiba-tiba maupun perlahan dan bertahap.

Sejak diinisiasi, telah lebih dari 50 kota bergabung dengan ACCCRN termasuk di antaranya kota-kota di Bangladesh dan Filipina.
 
Mercy Corps Indonesia merupakan lembaga nirlaba lokal yang berpusat di Jakarta. Mercy Corps Indonesia membantu masyarakat Indonesia membangun komunitas yang sehat, produktif, dan tangguh.

Melalui berbagai programnya, Mercy Corps Indonesia telah membantu masyarakat Indonesia yang tersebar di berbagai daerah di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua, Papua Barat dan Maluku.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015