Tanjung Selor, Kalimantan Utara (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono menargetkan 600.000 rumah selesai dibangun tahun ini.

"Target saya tahun ini adalah 600.000 rumah harus selesai," kata Basuki usai meninjau pembangunan jalan di Tou Lumbis, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis.

Saat ini, ia menjelaskan, 498.000 rumah sudah dibangun untuk program Kredit Pemilikan Rumah dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), baik oleh pemerintah maupun swasta.

"Pihak swasta banyak juga yang membangun rumah kategori masyarakat berpenghasilan rendah jadi kami terbantu dengan langkah program sejuta rumah," katanya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Taufik Widjoyono sebelumnya mengatakan program sejuta rumah sudah berjalan.

"Sekitar 45 persen sudah berjalan, karena pelaksananya dari kami sendiri," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa program untuk kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) berjalan lancar sesuai rencana tapi ada kendala untuk ketagori nonMBR.

"Proyek nonMBR beberapa dikerjakan oleh pihak swasta, karena kondisi perekonomian penuh dengan ketidakpastian seperti ini, maka lebih memilih untuk menahan pembelian rumah," katanya.

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015